22 Kabupaten Zona Kuning Covid, Aceh Timur Orange

Dari 23 kabupaten kota di Aceh, sebanyak 22 kabupaten di Aceh naik level menjadi zona kuning tinggal satu kabupaten lagi Aceh Timur yang turun statausnya dari zona kunging menjadi orange  berdasarkan koreksi terbaru Peta Zonasi Risiko Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang dikeluarkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional periode 27 September – 3 Oktober 2021.
Aceh Zona Oranye COVID-19
Foto Net

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEH – Dari 23 kabupaten kota di Aceh, sebanyak 22 kabupaten di Aceh naik level menjadi zona kuning tinggal satu kabupaten lagi Aceh Timur yang turun statausnya dari zona kunging menjadi orange  berdasarkan koreksi terbaru Peta Zonasi Risiko Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang dikeluarkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional periode 27 September – 3 Oktober 2021.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada wartawan, Rabu (6/10/2021) mengatakan, berdasarkan koreksi terbaru Zonasi Risiko Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)  yang dikeluarkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Aceh menjadi zona risiko rendah peningkatan kasus Covid-19, kecuali Aceh Timur yang turun menjadi zona oranye.

“Kita sebut Aceh risiko rendah, karena 22 kabupaten/kota sudah zona kuning, tinggal Aceh Timur yang zona risiko sedang peningkatan kasus Covid-19 di Aceh,” kata Saifullah. 

Berdasarkan analisis data periode 27 September – 3 Oktober 2021 oleh Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Aceh Tengara dan Subulussalam yang sebelumnya zona oranye kini terkoreksi menjadi zona kuning. Sebaliknya, Aceh Timur yang sebelumnya kuning kini menjadi oranye.

“Perubahan peta zonasi risiko tersebut tidak terlepas dari dinamika penanganan Pandemi Covid-19 di suatu daerah,” ujar Saifullah Abdulgani yang akrab disapa SAG ini dan menamabhakan, dinamika penanganan Pandemi Covid-19 dalam pekan ini akan menentukan peta zonasi risiko Covid-19 yang diumumkan lagi minggu depan.

Aceh Zona Oranye COVID-19
Foto Net

“Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Nasional melakukan analisis terhadap indikator epidemiologi, surveilance kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan, dalam sepekan terakhir,” jelas SAG

“Kita berharap Aceh Timur kembali menjadi zona kuning dan 22 kabupaten/kota zona  kuning ada yang “naik kelas” menjadi zona hijau. Zona hijau merupakan zona yang dianggap aman dari transmisi dan penularan virus corona,” ujar SAG. 

Pada kesempatan tersebut SAG menghimbau warga agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 3 M yakni, memakai masker saat berada diluar rumah, sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau menggunakan sanitizer dan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan serta mengurangi bepergian keluar daerah jika tidak ada keperluan mendesak (*)