Hati-Hati!!! Penipuan Mencatut Nama Dandim Aceh Tamiang, Pengusaha Kena Tipu Belasan Juta

"Masyarakat agar lebih berhati-hati serta tidak menghiraukan pesan singkat yang mengatas namakan dirinya. Mohon diabaikan apabila ada yang minta sejumlah uang melalui pesan WA dengan menggunakan foto profil dirinya" Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi
penipuan
penipuan minta uang mencatut nama Dandim Aceh Tamiang yang dilakukan orang tak bertanggung jawab. tangkapan handphone. Rabu (2/2/2022) acehsatu.com/Muhammad Nasir

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Penipuan mencatut nama Dandim 0117/Aceh Tamiang, Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi yang dilakukan orang yang tidak bertangung jawab dengan meminta sejumlah uang kepada pengusaha terjadi di Aceh Tamiang. Selasa (1/2/ 2022)

Penipuan tersebut melalui nomor Whatsapps 081343271988 menggunakan foto profil Dandim, padahal nomor tersebut bukan nomor Hp Dandim yang sebenarnya. Akibat aksi penipuan tersebut tiga warga Aceh Tamiang mengirimkan uang kepada pelaku dengan kerugian total sekitar Rp 25 juta.

Seorang Kepala Dinas di Kabupaten Aceh Tamiang kepada acehsatu.com, Rabu (2/2/2022) mengatakan, awalnya Hpnya ditelepon oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan mencatut nama Dandim Aceh Tamiang mengajaknya ngopi sehabis asar.

Baca : Ada Penipu Catut Nama Kapolresta Banda Aceh

“Habis asar jemput saya kata sipenipu yang mencatut nama Dandim Aceh Tamiang itu,” ujar Kadis yang tidak mau disebutkan namanya itu kepada acehsatu.com

Kemudian, sipencatut ini menanyakan kepada kepala dinas tersebut, siapa saja yang kita ajak ngopi, dan disebutkan nama pemilik Warkop Muzakir, kemudian ia minta dibacakan nomor pengusaha tersebut dan ia meminta juga nomor pengusaha lainnya inisila M

Lalu oleh si penipu ini disebutkan lagi nama pengusaha sorum lainnya inisial M dan minta di bacakan nomor Hp milik M ini.   

Kepada kadis ia juga memita dikirimakan uang sebesar Rp 6.5 juta untuk membeli tiket adiknya istri Dandim mau berangkat ke Tamiang. Kadis ini sempat menelpon beberapa kerabatnya minta pinjam uang namun karena tidak ada uang, ia terpikir apa mungkin Dandim nggak ada uang sehingga melakukan kroscek ke pejabat Kodim lainnya.

Ternyata sebut pejabat Kodim tersebut tidak ada istri Dandim ke Tamiang, baru kemudian kadis tersebut “ngeh” ini penipuan. Namuan saat di cek ke dua nomor yang disebutkan ternyata keduanya sudah mengirimkan uang.

Kirim Uang

penipuan
penipuan minta uang mencatut nama Dandim Aceh Tamiang yang dilakukan orang tak bertanggung jawab. tangkapan handphone. Rabu (2/2/2022) acehsatu.com/Muhammad Nasir

Seorang pengusaha, Muzakir yang kena tipu orang yang mencatut nama Dandim tersebut, mengatakan, si pencatut nama Dandim meminta uang kepada dirinya untuk kebutuhan ada tim Mabes datang ke Aceh Tamiang untuk melihat lokasi pembangunan rumah Kodim. Ia meminta uang sebesar Rp 10 juta.

Padahal kata Muzakir, ia lagi tidak punya uang sehingga mengutang kepada seseorang dan mengirimkan uang kerekening Bank mandiri 1420019279412 atas nama Siti Syafial.

Baca : Ngaku Pejabat Rutan, Napi Ini Tipu-tipu Keluarga Teman Satu Sel Hingga Suara Perempuan

“Saya biasa mengirimkan uang kepada teman yang lagi susah sehingga tidak terpikir ini penipuan,” ujar Muzakir ini

Informasi lainnya yang kena tipu, pengusaha lainnya inisial M, sipenipu mengaku M merupakan rekomendasi mantan Dandim lama. M juga mengirimkan uang kepada sipencatut nama Dandim sebanyak dua kali sebesar Rp 12 juga dengan dua pengiriman, pengiriman pertama Rp 7 juta melalui eBanking dan ia meminta lagi dan mengirimkan untuk kedua kalinya sebesar Rp 5 juta melalui ATM.  Namun saat permintta ketiga Rp 8 juta lagi, ia baru konfirmasi pihak Kodim dan ternyata tidak benar Dandim Tamiang minta uang.

Baca : Waduh, Karena Sebut Nama Kapolres, Seseorang Hampir Kena Tipu

Sedangkan satu warga lagi inisial F yang bekerja sebagai manajer di salah satu perusahaan perkebunan di Aceh Tamiang. Karyawan perkebunan ini juga mengirimkan uang sebesar Rp 3 juta.

Penipuan ini kemudian dilaporkan ke Polres Aceh Tamiang

Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi yang dihubungi acehsatu.com membenarkan ada modusp penipuan meminta uang kepada warga Aceh tamiang dengan mencatut namanya namun itu bukan dirinya.

“Penipuan ini sudah dilaporkan kepada penegak hukum, kita ikuti saja proses hukumnya,” uja Dandim.

Pada kesempatan tersebut, Dandim meminta masyarakat agar lebih berhati-hati serta tidak menghiraukan pesan singkat yang mengatas namakan dirinya. Mohon diabaikan apabila ada yang minta sejumlah uang melalui pesan WA dengan menggunakan foto profil dirinya.

“Jangan langsung percaya kroscek terlebih dahulu,” ujar Dandim

Letkol Alfian juga berpesan agar masyarakat waspada dengan modus penipuan yang beredar dengan mengatasnamakan pejabat lainnya.

Dandim 0117/Aceh Tamiang, Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi belum sampai sebulan bertugas di Aceh Tamiang. Ia menggantikan Dandim pendahulunyaLetkol Cpn Yusuf Adi Puruhita serah terima jabatan dilakukan langsung Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Bayu Permana di Gedung KNPI Makorem Lilawangsa di Lhokseumawe, Kamis (13/1/2022) (*)