Ssst!!! Ini Dia Bocoran Kisi-Kisi Tes SKB CPNS

Ssst!!! Ini Dia Bocoran Kisi-Kisi Tes SKB CPNS

ACEHSATU.COM – Semua calon CPNS formasi tahun 2019 menginginkan lulus saat  mengikuti ujian Seleksi Kompetensi (SKB) namun tentunya tidak semudah itu mampu menjawab soal yang di “sajikan” tim seleksi.

Untuk itu  pelamar CPNS ini harus memahami bentuk soal dan kisi kisi soal agar mudah menjawab sehingga bobot nilainya tinggi.  Saat ini masih ada waktu untuk belajar mengenai soal sesuai jurusan yang dipilih saat melamar karena tes SKB 2019 akan digelar Agustus mendatang sedangkan untuk tahap kedua Oktober 2020

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono mengungkapkan kisi-kisi SKB CPNS tahun ini. Peserta diminta mempelajari dengan dalam tentang substansi yang dilamar.

“Misalnya dia melamar sebagai jabatan fungsional auditor, jadi dia harus belajar hal-hal yang terkait dengan auditor itu seperti apa pekerjaannya, kemudian melakukan apa. Itu yang harus dipelajari,” kata Paryono kepada detikcom, Rabu (8/7/2020).

“Misalnya jabatan yang dilamar sebagai Auditor Kepegawaian di BKN, misalnya pertanyaannya ‘apa yang menjadi tugas dari pejabat fungsional auditor kepegawaian?’ seperti itu (SKB),” ungkapnya.

Untuk itu, peserta diminta memahami apa instansi dan jabatan yang dilamar sebelum mengikuti tes. Sebab soal SKB berkaitan erat dengan posisi yang dilamar, sehingga setiap peserta memiliki soal berbeda.

“Misalnya mendaftar jabatan fungsional apa, dia harus belajar terkait dengan apa yang dia lamar itu. Kan ini seleksi kompetensi bidang jadi sudah masuk ke tugas pekerjaan nanti yang dia lamar itu. Jadi (soal) tergantung apa formasi yang dia lamar,” jelasnya.

Dalam tes SKB CPNS juga hanya ada satu macam soal. Tidak seperti sebelumnya saat tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dibagi menjadi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) (*)