Jumlahnya Tidak Sesuai, Pemkab Aceh Barat Tolak Salurkan Bantuan Sembako COVID-19 dari Pemerintah Aceh

Jumlahnya Tidak Sesuai, Pemkab Aceh Barat Tolak Salurkan Bantuan Sembako COVID-19 dari Pemerintah Aceh

ACEHSATU.COM, ACEH BARAT – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menolak menyalurkan bantuan paket sembako yang disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Aceh, untuk masyarakat miskin di daerah ini.

“Bantuan paket sembako ini kita tolak bagikan ke masyarakat miskin di Aceh Barat, karena jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah masyarakat yang berhak menerima,” kata Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS di Meulaboh,seperti dilansir Antara, Selasa (28/4/2020).

Menurutnya, jumlah bantuan yang disalurkan Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial tersebut berjumlah sekitar 448 paket, untuk masyarakat miskin di Kabupaten Aceh Barat.

Padahal, jumlah masyarakat yang berhak menerima bantuan di daerah ini mencapai sekitar 17 ribu lebih kepala keluarga (KK).

Jumlah tersebut, kata Ramli, diluar penerima bantuan lain seperti program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT), Baitul Mal serta bantuan lainnya.

“Untuk menghindari konflik dan gejolak di masyarakat, bantuan dari Pemerintah Aceh ini kita simpan dan tidak kita salurkan sementara waktu, sampai ada solusi lebih lanjut,” kata Bupati Ramli MS.

Ia juga mengaku kecewa dengan sikap Dinas Sosial Aceh yang memberikan waktu selama dua hari, untuk menerima data calon penerima bantuan.

Sehingga dampaknya banyak masyarakat di Kabupaten Aceh Barat dan daerah lain, tidak bisa mendapatkan bantuan tersebut.

“Nanti kita akan usul lagi bantuan ini ke provinsi. Kalau sudah cukup, baru kita salurkan ke masyarakat,” tegasnya. (*)