Ziarah Makam Pahlawan Warnai Peringatan HUT LVRI ke 64 di Bireuen

Ziarah taman makam pahlawan mewarnai rangkaian peringatan HUT Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ke 64 tingkat Provinsi Aceh, di Taman Makam Pahlawan, tokoh pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, Kolonel (Purn) Husein Yusuf.
Bupati Bireuen, Forkopimda tabur bunga saat upacara ziarah HUT LVRI ke 64 di taman makam pahlawan Kolonel (Purn) Husein Yusuf dan istri Letda (Purn) Ummi Salmah, Kamis (07/01/2021) pagi. (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

Ziarah Makam Pahlawan Warnai Peringatan HUT LVRI ke 64 di Bireuen

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Ziarah taman makam pahlawan mewarnai rangkaian peringatan HUT Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ke 64 tingkat Provinsi Aceh, di Taman Makam Pahlawan, tokoh pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, Kolonel (Purn) Husein Yusuf.

Upacara rombongan dengan inspektur upacara Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe S.Sos, diikuti Bupati, forkopimda, kepala SKPK, ketua LVRI dan veteran, PPM, digelar di Taman Makam Pahlawan, Gampong Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Rabu (07/01/2021) pagi.

Kegiatan itu juga turut dirangkai dengan peletakan rangkaian bunga oleh Dandim selaku inspektur upacara dan dilanjutkan tabur bunga di makam Kolonel (Purn) Husein Yusuf dan istri Letda (Purn) Ummi Salmah oleh Bupati dan pejabat forkopimda.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi ditanyai Acehsatu.Com usai upacara mengucapkan terimakasih kepada ketua LVRI Aceh, Kolonel (Purn) HM Djafar Karim yang telah menujuk Bireuen sebagai lokasi peringatan HUT LVRI ke 64.

Hari ini juga turut melaksanakan ziarah ke taman makam pahlawan Kolonel (Purn) Husein Yusuf dan istri Letda (Purn) Ummi Salmah. Menjadi semangat hari ini adalah bagaimana kita mencontoh semangat dan kegigihan dari orang tua kita dulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai generasi kita agar dapat menjaga dan memelihara keamanan, kedaiaman sekaligus mewujudkan keadilan serta kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia, sesuai cita-cita proklamasi kemerdekaan. “Ini makna yang harus kita ambil dari peringatan ke 64 LVRI,” ujar Bupati.

Ketua DPD LVRI Aceh, Kolonel (Purn) HM Djafar Karim yang ditanyai bersamaan dilokasi mengatakan, peringatan HUT LVRI ke dua tahun 2021 ini di Bireuen sebagai Kota Juang, sedangkan pertama tahun 2020 lalu di gelar di Takengon.

Diharapkan kepada Pemerintah Provinsi Aceh dan Kabupaten Kota untuk peduli dengan keberadaan veteran ini, dan saat ini sudah terbentuk Pemuda Panca Marga (PPM) merupakan anak-anak para veteran.

“Diharapkan dengan keberadaan anak-anak veteran dalam kepengurusan, maka program yang ingin dilaksanakan dapat berjalan,” imbuh Ketua DPD LVRI Aceh. (*)