Xi Jinping Janjikan Vaksin Covid-19 Dinikmati Dunia

ACEHSATU.COM, BEIJING – Presiden China Xi Jinping dalam sebuah pertemuan virtual Badan Kesehatan Dunia (WHO) Senin (18/05/2020) menyatakan, dia akan membuat vaksin Covid-19 sebagai barang yang bisa dinikmati dunia begitu ditemukan.

China melaporkan saat ini sudah memiliki lima kandidt vaksin virus corona yang berada dalam fase uji coba klinis. Setelah dilakukan penelitian dan pengembangan, vaksin ini akan siap digunakan dan segera dinikmati oleh dunia.

Hal itu dikatakan sang presiden yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Partai Komunis, partai berkuasa di China sekarang pada virtual meeting tersebut.

Lebih lanjut Xi Jinping mengatakan bahwa itu membuktikan jika negaranya berkontribusi secara nyata dalam memberikan akses pengobatan atas virus bernama resmi SARS-Cov-2 itu kepada dunia.

Namun untuk menciptakan vaksin Covid-19 yang efektif membutuhkan waktu 12 hingga 18 bulan bahkan bisa lebih lama. Pernyataan ini dikeluarkan berdasarkan pada pandangan pakar.

Kendati demikian China akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan Badan Dunia PBB untuk membangun jaringan kemanusiaan secara global yang lebih luas untuk dapat menyalurkan bantuan kemanusiaan ke seluruh dunia. (*)