Berita Lainnya

Hukum

Politik

kota banda aceh
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. (Foto: ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS)

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Aceh pada November 2022 tercatat sebanyak 457 orang. Pelancong terbanyak berasal dari Malaysia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, wisman yang melancong Aceh meningkat dibanding Oktober 2022. Sebulan sebelumnya, jumlah turis yang bertamasya di Serambi Mekkah sebanyak 266 orang.

“Di bulan November terjadi peningkatan Wisman yang masuk ke Aceh. Ini mengindikasikan bahwa penanganan COVID-19 yang sudah mulai membaik sehingga mendorong mobilitas antar wilayah meningkat,” kata Kepala BPS Aceh Ahmadriswan Nasution, Senin (2/1/2023).

BACA: Tak Ada Penerbangan dan Pelayaran Internasional, Aceh Nol Wisman

Turis yang melancong ke Aceh terbanyak berasal dari Malaysia sebanyak 348 orang, Amerika Serikat delapan orang, Jerman dan Australia masing-masing lima orang. Bila dilihat berdasarkan wilayah, pelancong di Tanah Rencong kebanyakan dari negara-negara ASEAN yakni 414 orang.

Ahmad menjelaskan, total turis yang masuk ke Aceh selama 2022 sebanyak 771 orang. Pelancong mulai melirik kembali Aceh pada Oktober setelah sebelumnya jumlah kunjungan di bawah 50 orang, bahkan beberapa bulan sebelumnya nihil.

“Mungkin secara fisik juga kita lihat kemarin ada peningkatan yang makin naik terkait wisman yang masuk ke Aceh,” ujar Ahmad.

Sementara itu, okupansi hotel berbintang di Aceh pada bulan November sebesar 35,36 persen. Jumlah itu disebut mengalami penurunan sebesar 1,75 poin dibandingkan Oktober 2022.

“Tapi jika dibandingkan dengan bulan November 2021 mengalami penurunan sebesar 7,63 poin. Sedangkan okupansi akomodasi lainnya pada bulan November 2022 sebesar 23,14 persen, mengalami penurunan sebesar 0,75 poin jika dibandingkan dengan bulan Oktober 2022, juga mengalami penurunan sebesar 4,95 poin terhadap bulan November 2021,” jelas Ahmad. (*)