Win-Ipak untuk Tingkatkan Pariwisata Aceh Tengah

Win-Ipak jadi ajang penting dalam meningkatkan promosi pariwisata di Aceh Tengah. Aceh Tengah dikenal memiliki banyak destinasi menarik yang patut dikunjungi.
Win-Ipak
Penobatan win dan ipak Aceh Tengah 2021 (HO/Prokopim Setdakab Aceh Tengah)

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Win-Ipak jadi ajang penting dalam meningkatkan promosi pariwisata di Aceh Tengah. Aceh Tengah dikenal memiliki banyak destinasi menarik yang patut dikunjungi.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan penobatan Win-Ipak Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2021 merupakan bagian meningkatkan promosi pariwisata di daerah setempat ke berbagai kawasan.

“Kegiatan ini merupakan upaya kita bersama dengan dukungan dari berbagai pihak untuk menggali dan mengembangkan, potensi Sumber Daya Manusia khususnya generasi muda di Kabupaten Aceh Tengah,” Katanya di Takengon, Sabtu.

Ia menjelaskan penobatan Win-Ipak ini juga merupakan bagian mempersiapkan generasi muda dalam mengambil peran strategis untuk mengasah kemampuan, menguasai pengetahuan dan aspek pendukung kepariwisataan dengan menjunjung nilai-nilai Budaya Gayo yang kaya akan norma etika dan aturan adat istiadat.

Bupati juga meminta Dinas Pariwisata Aceh Tengah untuk berinovasi dengan membuat pola pemilihan sesuai kekhasan Daerah Gayo tanpa mengurangi format yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Provinsi maupun Nasional.

Win-Ipak
Penobatan win dan ipak Aceh Tengah 2021 (HO/Prokopim Setdakab Aceh Tengah)

“Saya berharap kegiatan ini memberikan peluang seluas-luasnya pada generasi muda berperan aktif dalam pembangunan Daerah dan menguatkan citra positif Daerah Aceh Tengah sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata,” Kata Shabela.

Kadis Pariwisata Aceh Tengah Jumadil Enka mengatakan kegiatan dengan tema, “Menyiapkan Generasi Milenial Unggul melalui Peran Win-Ipak Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2021 bertujuan menjadi citra teladan generasi muda Indonesia yang dinamis, kreatif dan cerdas, menjadi ujung tombak Dinas Pariwisata dalam mempromosikan kepariwisataan Indonesia secara Nasional maupun internasional dan untuk melestarikan Budaya Daerah serta menjadi figur yang dapat berperan dalam menjalankan promosi kekayaan seni, dan budaya yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

Ia menyebutkan peserta pemilihan Win-Ipak Aceh Tengah berjumlah 17 orang yang terdiri dari 8 orang Win dan 9 orang Ipak, Dari hasil seleksi dan penilaian dewan juri terpilih Win Rhamadan wanfitra dan Ipak Safni Wesiara sebagai Duta Pariwisata Aceh Tengah Tahun 2021.

Mereka yang terpilih akan mewakili Kabupaten Aceh Tengah dalam ajang pemilihan serupa, Agam-Inong Aceh untuk tingkat Provinsi Aceh dan juga Putra-Putri Pariwisata Nusantara pada tingkat Nasional. (*)