oleh

Waspada! Sering Ngantuk di Pagi Hari, Pertanda Anda Diserang 5 Penyakit Ini, Nomor 4 Paling Mematikan

-KESEHATAN-10.939 views

ACEHSATU.COM – Sering diserang rasa ngantuk saat beraktivitas biasanya terjadi karena kelelahan atau terlalu sering bergadang di malam hari.

Namun, bagaimana jika rasa ngantuk tersebut datang di pagi hari meskipun seseorang telah tidur cukup lama dan nyenyak di malam harinya.

Dikutip dari berbagai sumber, rasa ngantuk yang datang di pagi hari bisa jadi salah satu indikasi kalau kesehatan seseorang lagi menurun atau sebagai pertanda diserang 5 penyakit berikut ini

Berikut beberapa penyebab yang membuat seseorang selalu mengantuk di pagi hari.

1. Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)

Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.

2. Anemia (kurang darah)

Anemia merupakan penyebab utama rasa kantuk sering datang. Kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh.

3. Diabetes

Rasa kantuk yang kamu rasakan di pagi hari juga bisa menjadi pertanda kamu mengidap penyakit diabetes. Oleh karena itu, penderita diabetes tipe-2 merasa kelelahan dan mengantuk sepanjang waktu. Penyakit ini bisa dicegah dengan mengurangi konsumsi makanan manis. Selain itu, ada baiknya untuk selalu mengecek kadar gula darah kamu.

4. Penyakit Jantung

Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal anda terserang penyakit jantung atau pembunuh berdarah dingin.

5. Dehidrasi

Kelelahan dan kantuk bisa merupakan tanda dehidrasi. Segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat. (*)

Indeks Berita