Wartawan Diharap Ikut Vaksinasi Covid-19

Dalam upaya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan virus Corona, wartawan Bireuen, juga diharap dapat ikut menjadi salah satu publik figur dalam pencanangan vaksinasi yang digelar 15 Pebruari 2021 di RSUD dr Fauziah.
Wartawan
Kadinkes Bireuen dr Irwan A Gani memberikan penjelasan kepada wartawan, Kamis (28/01/2021). (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Dalam upaya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan virus Corona, wartawan Bireuen, juga diharap dapat ikut menjadi salah satu publik figur dalam pencanangan vaksinasi yang digelar 15 Pebruari 2021 di RSUD dr Fauziah.

“Kami harapkan ada satu orang wartawan juga ikut divaksinasi saat pencanangan vaksinasi Covid-19 tanggal 15 Februari,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Bireuen, dr Irwan A Gani saat menjawab pertanyaan wartawan, diacara temu ramah dengan Bupati dan pejabat Pemkab, Kamis (28/01/2021) pagi di Pendopo Bupati.

Lebih lanjut dr Irwan menjelaskan bahwa untuk fasilitas pelayanan vaksinasi itu ada di 20 puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan dari Samalanga sampai ke Gandapura.

Wartawan
Kadinkes Bireuen dr Irwan A Gani memberikan penjelasan kepada wartawan, Kamis (28/01/2021). (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

Selain itu juga ada enam rumah sakit dan satu klinik milik Polres Bireuen, dengan jumlah tenaga vaksinator 548 orang, yang tersebar di kecamatan dan juga rumah sakit di Kabupaten Bireuen.

Untuk pelaksanaan vaksinasi dari Dinas Kesehatan Bireuen juga telah melakukan berbagai persiapan lainnya, seperti alat penyimpanan vaksin lokasinya di farmasi Dinkes.

Sedangkan untuk penyuplaian vaksin dari Provinsi Aceh ke Bireuen rencana awal Februari dan minggu kedua Februari 2021 dilanjutkan penyuplaian ke puskesmas di Bireuen.

“Untuk pencanangan 15 Februari dan sebelumnya akan mengelar pertemuan teknis bersama pihak terkait 3 Februari, pada tanggal 9 Februari kita gelar simulasi vaksinasi,” terang dr Irwan A Gani.

Seperti yang diberitakan Acehsatu.Com kemarin, sebanyak 274.234 warga Bireuen dari berbagai kalangan menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 dilaksanakan tiga tahap, pencanangan di mulai 15 Februari 2021, berlangsung di RSUD dr Fauziah.

Kadinkes dr Irwan A Gani menjelaskan, kelompok prioritas vaksinasi di Bireuen yaitu 4.691 tenaga kesehatan, TNI, Polri dan Subdenpom 1.464 orang, tenaga pelayanan publik, masyarakat rentan, geospasial, sosial dan ekonomi 268.007 orang, totalnya 274.234 orang.

“Sasaran vaksinasi untuk tahap pertama 10 pejabat esensial dan juga 4.691 tenaga kesehatan. Kemudian tahap dua TNI, Polri, Subdenpom, tahap III masyarakat lainnya mulai dari Pebruari 2021 s/d Maret 2022,” rinci Kadinkes.

Selanjutnya, penerimaan vaksinasi awal Februari sebanyak 9.440 dosis, di Bireuen sudah tersedia 548 vaksinator, dan target sasaran per vaksinator 500 orang, kita harap pelaksanaan vaksinasi terlaksana sesuai diharapkan, ujar dr Irwan A Gani.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi dalam sambutan saat rapat kesiapan vaksinasi Covid-19, Rabu (27/01/2021) pagi di Oproom Pendopo Bupati, berharap dan mengajak masyarakat dapat mengikuti vaksiansi Covid-19, demi untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari virus Corona.

“Lokasi pencanangan vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan di RSUD dr Fauziah 15 Februari 2021, saya juga berharap agar dapat dijadwal untuk kegiatan sosialisasi ke puskesmas di Bireuen, kita harapkan masyarakat nantinya menerima vaksinasi,” ujar Bupati.

Selain itu juga mengharapkan sosialisasi lebih digencarkan sampai ke gampong kepada keuchik, ibu-ibu PKK, juga bagi ibu-ibu Dharmawanita, agar target vaksinasi dapat tercapai, masyarakat tidak khawatir positif Covid-19, tandas Bupati Muzakkar. (*)