Warga Pertanyakan Penebangan Pinus Di Uyem Ratus, Miliki Izinkah?

Laporan : Setia Nawar

Warga Pertanyakan Penebangan Pinus Di Uyem Ratus, Miliki Izinkah?

ACEHSATU.COM [ ACEH TENGAH – Dua minggu terakhir marak penebangan pohon pinus di lokasi Uyem Ratus, Kampung Serule, Kecamatan Bintang, Kabupaten  Aceh Tengah. Setiahp hari dua sampai enam truk Colt Diesel kayu pinus yang ditebang  dibawa keluar dari daerah Uyem Ratus.

Warga mempertanyakan apakah penebangan pohon pinus tersebut memiliki izin atau tidak.

Reje Kampung Serule, Mursaluddin kepada Acehsatu.com, Kamis (9/7) mengatakan, kegiatan penebangan pinus di kawasan Uyem Ratus sudah beroperasi  selama dua bulan sejak Juni hingga saat ini.

“Selaku Reje Kampung saya tidak pernah menerima laporan adanya kegiatan penebangan kayu di wilayah Serule ini demikian juga kegiatan penebangannya,” ujar Mursaluddin

Dua minggu terakhir, setipa hari dua sampai enam truk Colt Diesel kayu pinus yang telah ditebang dibawa keluar dari daerah Uyem Ratus.

“Kami warga disini bertanya-tanya, apakah penebangan ini memiliki ijin atau tidak, kalau tidak kami sangat menyangkan perbuatan mereka saat ini,” ujar Reje lagi.

Lanjutnya, Jika penebangan ini tidak memiliki ijin atau aktifitas ilegal,  kami berharap penegak hukum segera turun tangan dan jikapun memiliki ijin resmi sudi kiranya melapor, setidaknya ada pemberitahuan kepada pihak pemerintah kampung.

“Sepintas dari pantauan masyarakat kegiatan penebangan ini, ada indikasi keterlibatan oknum,” pungkas Mursaluddin (*).