Warga Juli Keude Dua Amankan Tujuh Perempuan Rohingya, Hendak Dilarikan ke Medan

Tujuh orang perempuan Rohingya diduga dari kamp pengungsi Lhokseumawe, diamankan oleh warga dari Gampong Juli Keude Dua, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Kamis (31/12/2020) sekitar pukul 22:00 WIB.
Perempuan Rohingya
Tujuh warga Rohingya asal Nyanmar diamankan masyarakat di kantor keuchik Juli Keude Dua, Kecamatan Juli, Bireuen, Jumat (01/01/2021) dinihari. (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

Perempuan Rohingya

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Tujuh perempuan Rohingya diduga dari kamp pengungsi Lhokseumawe, diamankan oleh warga dari Gampong Juli Keude Dua, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Kamis (31/12/2020) sekitar pukul 22:00 WIB.

Pengungsi asal Myanmar itu diamankan paska dibawa seorang pemuda dari luar gampong, ke rumah seorang warga di Juli Keude Dua, untuk diinapkan sementara sebelum dibawa berangkat ke Medan Provinsi Sumatera Utara.

Keuchik Juli Keude Dua Maimun Syeh Do (54) dikonfirmasi Acehsatu.Com dikantor keuchik, Jumat (01/01/2021) dinihari menjelaskan. Keberadaan tujuh Rohingya itu diketahui atas laporan dari masyarakat kepada petugas page gampong Juli Keude Dua, bahwasanya ada orang luar masuk ke kampung tidak melapor.

Kemudian ketua pemuda bersama page gampong berkoordinasi dengan keuchik saat itu mengikuti rapat. Oleh Keuchik lalu meminta untuk dapat diamankan ke kantor keuchik.

“Sampai di kantor keuchik sudah ramai masyarakat dan keterangan saya peroleh dari Faisal Sulaiman (44) warga Dusun Barat Gampong Juli Keude Dua, ada Rohingya dibawa adik iparnya kerumah,” terang Keuchik.

Perempuan Rohingya
Tujuh warga Rohingya asal Nyanmar diamankan masyarakat di kantor keuchik Juli Keude Dua, Kecamatan Juli, Bireuen, Jumat (01/01/2021) dinihari. (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

Menurut keterangan Faisal, Rohingya itu dibawa kerumah sebentar karena malam mau dibawa berangkat ke Medan. “Karena Rohingya masalah besar, saya sampaikan kepada Faisal, maka lalu saya hubungi Babinkamtibmas dan Babinsa,” sebut Keuchik.

Ketujuh warga Rohingya tersebut dibawa oleh warga Gampong Juli Tambo Tanjong, Dusun Meunasah Baro bernama Mardani (36) dibawa ke rumahnya Faisal berada di Dusun Barat Gampong Juli Keude Dua.

“Hubungan antara Mardani dengan Faisal adalah ipar,” ungkap Keuchik dikonfirmasi Acehsatu.Com, sebelum warga Rohingya dan pemuda membawa mereka dibawa anggota Polsek Juli ke Polres Bireuen.

Pantauan Acehsatu.Com, ketujuh orang perempuan Rohingya bersama Mardani dan Faisal Sulaiman, dari kantor keuchik dibawa ke Mapolres Bireuen, Jumat (01/01/2020) pukul 01:00 WIB dengan mobil patroli Polsek Juli dan minibus milik anggota.

Sementara data diperoleh Acehsatu.Com sesuai dengan identitas dari UNHCR yang dimiliki masing-masing warga Rohingya, yaitu Tosmin Binti Azhar Mia (20), Hasina Khatun Binti Abdur Rahman (29)

Kemudian, Alhama Binti Abdu Salam (29), Farisa Binti Fazal Ahmed (21), Tosmina Binti Husain Ahmad (20), Fatema Bibi Binti Karim Ullah (18), dan Somira Binti Aziz Ullah. (*)