Warga Dihebohkan Air Sungai di Gampong Simpang Lhee Jadi Merah

ACEHSATU.COM | Langsa – Warga Kota Langsa dihebohkan air Sungai Gampong Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat berubah menjadi berwarna merah, Kamis (11/11/2021).

Fenomena tersebut jadi tontonan warga, yang menyaksikan mengabadikan melalui ponsel video unggahan dan beredar luas dimedsos.

Dari keterangan seorang warga yang menyaksikan langsung fenomena yang tak biasa tersebut mengtakan ia mengetahui air sungai berubah menjadi berwarna merah sekirar pukul 18.00 Wib.

“Sungai tersebut merupakan akses jalur kapal nelayan Gampong Simpang menuju kelaut”, ujar seorang warga.

Semantara itu, Keuchik Gampong Simpang Lhee, Ismail saat dihubungi Acehsatu.com pada Kamis (11/11) membenarkan kejadian tersebut “Iya benar,” ujarnya.

Ismail mengakui, pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab air sungai berubah menjadi berwarna merah.

Ia juga mengungkapkan, berdasarkan laporan dari warganya yang kebetulan melintas di jalan T.M.Bahrum, sempat melihat seseorang diduga membuang sesuatu menggunakan tangki disaluran pembuangan air di jalan itu.

Keuchik Gampong Simpang Lee berharap kepada pihak terkait untuk dapat menelusuri asal usul penyebab air sungai menjadi berubah warna di Gampongnya.

Pengakuan Keuchik Ismail kejadian seperti itu telah terjadi beberapa kali, cuma kali ini yang terparah, air sungai jadi merah pekat.

“Sudah beberapa kali terjadi air di sungai Gampong simpang Lhee berwarna merah, cuma kali ini yang terparah, asumsi kita berasal dari Limbah di sepanjang jalan TM Bahrum” ujarnya

Pihaknya dan termasuk warga Gampong Simpang Lhee, khawatir peristiwa itu akan berdampak terhadap ekosistem lingkungan.

Kata Keuchik, fenomena air sungai berubah warna menjadi warna merah membuat sebagian warga nelayan Gampong Simpang Lhee enggan melaut.

Namun Sambung Keuchik Ismail, kejadian air sungai di Gampong Simpang Lhee berubah menjadi berwarna merah tidak berlangsung lama, diperkirakan peristiwa itu berlangsung lebih kurang selama dua jam.

“Sekitar Pukul 20.00 Wib, warna air kembali normal seperti biasa” kata Ismail, Keuchik Gampong Simpang Lhee.

Walaupun demikian sambung Keuchik, pihaknya bersama warga terus melakukan monitoring akan peristiwa ini, (Jamil Gade).