Banda Aceh

Wali Nanggroe Aceh Terima Kunjungan Delegasi Majelis Tinggi Perdamaian Afghanistan

Mareka meminta saya hadir dalam mewujudkan proses perdamaian di Afganistan ujar Wali.

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR – Wali Nanggroe Aceh menerima kunjungan delegasi High Peace Council (HPC) atau majelis tinggi perdamaian Afganistan, Jumat (24/11/2017).

Sebelumnya,Tim Delegasi asal Afghanistan ini terlebih dahulu bertemu dengan presiden RI Joko Widodo di istana Bogor padatanggal 21 November 2017 lalu.

Kunjungan majelis perdamaian Afganistan ke indonesia hasil dari kunjungan presiden Afganistan Ashraf Ghani bulan april yang lalu.
Majelis perdamaian Afganistan berjumlah sekitar 23 orang yang diketuai oleh senior Deputi (HPC)HE Haji Azizullah Den Muhammad.

Dalam kunjungan tersebut Tim Delegasi High Peace Council (HPC) diterima lansung oleh PYM Wali Nanggroe Aceh di Meuligoe Wali sekitar jam 14.30 selepas shalat jumat.

Mejelis perdamaian Afganistan bertanya strategi dalam mewujudkan suatu perdamaian yang bermartabat di Afganistan, seperti di Aceh tambah wali.
Dalam kesempatan tersebut Mentro Malek bercerita panjang tentang bagaimana memainkan perannya sebagai perdana mentri dalam melakukan diplomasi diplomasi di dunia internasional.

Sehingga terjadi beberapa kali pertemuan yang difasilitasi internasional mulai dari jenewa dengan HDC, pertemuan Tokyo, dan yang terakhir di Helsinky yang difasilitasi oleh CMI yang dipimpin oleh Marty Antisary mantan presiden Finlandia.

“Saat perang kami tidak meminta bantuan dari asing, semua senjata dan biaya perang dari orang Aceh tambah wali Nanggroe sambil mengingat ucapan Wali Nanggroe Aceh Alm Tgk Hasan ditiro , kita tidak perlu bantuan dari luar untuk perang karena orang Aceh bersatu dalam berjuang”, Kata Wali.

Sedangkan di Afganistan telah banyak sekali campur tangan luar dan banyak fraksi, tarik kembali benang sejarah Afganistan dengan itu kita bisa bersatu dan perdamaian akan bisa terwujudkan, nasehat wali.

Mareka meminta saya hadir dalam mewujudkan proses perdamaian di Afganistan ujar Wali.

Dalam pertemuan diruang tengah meligoe wali juga di dampingi oleh anggota DPRA di antaranya Tgk Harun , Ermiadi,ST dan juga Tgk Sarjani Mantan Bupati Pidie serta staff khusus Wali Nanggroe DR Rafiq.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top