Berita Lainnya

Hukum

Politik

Kota Kiev Ukraina
ILUSTRASI - Ledakan Keras Diduga Rudal Balistik Rusia Hantam Kota Kiev, Curhat Presiden Ukraina Merasa Ditinggal Sendirian. | Foto: REUTERS/VALENTYN OGIRENKO

ACEHSATU.COM | Kiev – Wali Kota Ukraina tewas tertembak saat menyalurkan Roti dan Obat ke warga. Wali Kota Gostomel, Yuri Illich Prylypko, dilaporkan tewas akibat serangan pasukan militer Rusia di Ukraina.

Prylypko dilaporkan terkena tembakan saat sedang menyalurkan langsung pasokan roti untuk warganya yang kelaparan.

Seperti dilansir AFP, Senin (7/3/2022), kematian Prylypko ini dikonfirmasi oleh otoritas kota Gostomel via akun Facebooknya pada Senin (7/3) waktu setempat.

“Kepala Gostomel, Yuri Illich Prylypko, meninggal saat membagikan roti kepada mereka yang lapar dan obat-obatan kepada mereka yang sakit,” demikian pernyataan otoritas kota Gostomel via Facebook.

Disebutkan lebih lanjut bahwa Prylypko tewas ditembak bersama dua orang lainnya. Tidak dijelaskan lebih lanjut kronologi serangan yang menewaskan Pylypko itu.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir kantor berita Ukraina, Ukrinform, otoritas kota Gostomel menyebut bahwa Prylypko tidak diwajibkan untuk menghadapi langsung pasukan Rusia di medan pertempuran.

Baca Juga: Rusia Ancam Negara Yang Tampung Pesawat Militer Ukraina

“Tidak ada yang memaksanya untuk menghadapi peluru para penjajah,” demikian pernyataan otoritas kota Gostomel.

Dia bisa saja berlindung di ruang bawah tanah untuk menghindari serangan pasukan Rusia, dan tidak ada yang akan menyalahkannya karena melakukan itu.

“Tapi orang-orang menunggunya, mereka melihat harapan dalam dirinya, mereka mempercayainya. Jadi dia membuat pilihannya.

Dia meninggal untuk masyarakat, dia meninggal untuk Gostomel, dia meninggal seperti seorang pahlawan,” imbuh pernyataan otoritas kota Gostomel.

Gostomel yang terletak di sebelah barat laut Kiev, merupakan lokasi bandara militer Antonov yang strategis. Wilayah itu menjadi lokasi pertempuran sengit antara tentara Ukraina dan pasukan Rusia pada hari-hari awal invasi.

Pada 6 Maret lalu, menurut Ukrinform, Presiden Volodymyr Zelensky menganugerahkan gelar ‘Kota Pahlawan’ kepada enam kota di Ukraina, termasuk Gostomel, yang dianggap berani melawan pasukan Rusia.

Presiden Ukraina Serukan Boikot Minyak dari Rusia

Presiden Ukraina Zelensky kembali menyerukan sejumlah sanksi baru terhadap Rusia yang melakukan invasi ke negaranya. Ia berencana memboikot minyak dari Rusia.

Dilansir dari BBC, Zelensky mengatakan “Rusia tidak mengabaikan rencananya melawan Ukraina”. Sehingga, ia akan menambahkan “Kami membutuhkan paket sanksi baru”.

“Boikot ekspor Rusia, khususnya penolakan minyak dan produk minyak dari Rusia,” ucap Zelensky.

Zelensky menyebut tindakan boikot ini bisa disebut “embargo atau hanya moralitas”.