Langsa

Wali Kota Langsa Serahkan Hewan Kurban ke Semua Keuchik

“Sebenarnya kurban ini berasal dari bapak dan ibu-ibu semua yang mau berkurban,”

Foto | Istimewa

ACEH.SATU.COM | LANGSA – Wali kota Langsa, Usman Abdullah secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada masing-masing keuchik di wilayah Pemko Langsa.

Penyerahan ini dipusatkan di lapangan bola volly, Dusun Pendidikan Gampong Paya Bujok Seulamak, Kecamatan Langsa Baro, Kamis (31/8/2017).

Wali Kota mengharapkan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah ini, semua warga miskin dalam wilayah Kota Langsa dapat merasakan dan menikmati daging kurban.

“Terima kasih kepada semua dinas di lingkungan Pemko Langsa, instansi vertikal yang sudah berkurban dan semoga menjadi amal ibadah,” kata Usman Abdullah yang akrab disapa Toke Seuem.

Toke Seuem mengatakan menyangkut dengan hewan kurban pemerintah hanya mengelola dan mengatur. Sementara sumbangan kurban ini berasal dari berbagai pihak.

“Sebenarnya kurban ini berasal dari bapak dan ibu-ibu semua yang mau berkurban,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan ketika tahun pertama memimpin kota Langsa di periode sebelumnya, hal utama yang diperhatikan ialah menyangkut penyaluran daging kurban kepada fakir miskin.

Dikatakannya, berdasarkan laporan dari keuchik ketika itu banyak gampong tidak ada kurban, terutama gampong yang penduduknya berpendapatan minim.

Dan sebagian gampong yang kurbannya msampai 12 ekor hewan kurban bahkan yang mendapatkannya orang tergolong orang berpenghasilan tinggi.

“Sementara orang-orang dipinggiran sana mereka tidak menikmati, hanya mendengarkan saja. Berangkat dari itu semua kami melihat setiap instansi pemerintah ada kurban setiap tahun maka kita berinisiatif disalurkan ke gampong yang lebih membutuhkan terutama untuk masyarakat fakir miskin,” sebutnya.

Namun menurut wali kota Langsa untuk tahun ini hewan kurban sebanyak 73 ekor terdiri dari 58 ekor sapi dan 15 ekor kambing. Dan katanya, jumlah ini sedikit berkurang dari  tahun sebelumnya.

Toke Suum juga mengajak masyarakat terutama para pegawai diinstansi pemerintah menyisihkan hartanya untuk berkurban sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terutama fakir miskin agar dapat menikmati daging qurban meski setahun sekali.

Selain itu, Wakil Wali Kota Langsa Marzuki Hmaid juga turut menyerahkan hewan kurban dan disaksikan oleh muspida beserta keuchik.

To Top