Budaya dan Seni

Wali Berikan Penghargaan untuk Tanglong, Tudong, dan Danglong Nanggroe

waliACEHSATU.com, BANDA ACEH – Lembaga Wali Nanggroe memberikan anugerah atau penghargaan kepada yaitu Anugerah Tanglong Nanggroe yang diberikan untuk pemukiman, kemudian Anugerah Tudong Nanggroe yang diberikan kepada kelompok masyarakat, dan kategori yang terakhir adalah Anugerah Dalam Nanggroe yang diberikan kepada perseorangan.

Penyerahan piagam anugerah itu langsung diberikan Wali Nanggroe Paduka Yang Mulia Malik Mahmud Alhaytar yang dihelat di gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (16/12/2015).

Wali Nanggroe,Malik Mahmud Alhaytar dalam sambutannya mengatakan, pihaknya memberikan anugerah kepada pemangku adat istiadat yang sudah berhasil melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya adat istiadat Aceh.

Ia mengatakan, perlu terus mencari, menemukan dan melestarikan seni budaya dan istiadat lainnya yang sudah hilang seperti seni ukir atau seni budaya lainnya yang sudah sangat maju pada jaman kerajaan Aceh dahulu kala.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk pelaku seni budaya aceh dan pelestari adat istiadat Aceh,” katanya.

Ia berjanji akan terus memberikan anugerah kepada orang-orang yang berjasa dalam menemukan dan melestarikan seni budaya dan peradaban aceh di masa akan datang.

Ini pemangku adat dan pelaku seni budaya Aceh yang berhasil mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan pada acara “malam penganugerahan Wali Nanggroe tahun 2015”:

Panglong Nanggroe : Pemangku adat dan pelaku seni budaya aceh dari Lhokseumawe, Aceh Jaya dan Simulue

Tudong Nanggroe: Kerajinan  dari Aceh Singkil, Piasan Nanggroe dari Aceh Timur, papah seling naggroe/Pelestarian Lingkungan Hidup berbasis kearifan dari Aceh Selatan

Nalong Nanggroe : pelaku adat istiadat dan seni budaya aceh perseorangan yaitu  Nasruddin dari Aceh barat daya (Pengrajin), Mohammad Umar dari Aceh Selatan (Pelestarian pusaka nanggroe), dan Yahya hanafiah dari Kota langsa (Pegiat warisan budaya adat istiadat aceh). (Firman)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top