Wakil Ketua DPRK Ajak Pj Bupati Abdya Berkantor di RSUTP, Ini Tujuannya!

disana Pj Bupati bisa berkomunikasi langsung dengan pelaksana dilapangan mulai dari petugas klining servis, perawat, dokter dan petugas lainnya.
Wakil Ketua II DPRK Abdya, Hendra Fadli
Wakil Ketua II DPRK Abdya, Hendra Fadli

ACEHSATU.COM | Blangpidie – Hendra Fadli, Wakil Ketua ll Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK), Aceh Barat Daya (Abdya), mengajak Penjabat (Pj) Bupati Darmansah untuk berkantor di Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) selama dua pekan.

Hendra Fadli menyampaikan hal tersebut terkait temuan buruknya pelayanan kesehatan di rumah sakit pemerintah tersebut selama ini.

Selain itu juga ditemukan lemahnya manajemen keuangan rumah sakit, sehingga dinilai perlu ditindaklanjuti sebagai pembenahan.

“Ajakan berkantor ini untuk merespon usulan salah seorang anggota dewan dalam sidang Paripurna APBK 2023 yang mengritik manajemen rumah sakit,” ungkapnya, Minggu (27/11/2022).

Selain pelayanan yang lemah, kata dia, sistem manajemen keuangan juga boros, ditambah lagi kondisi rumah sakit yang kurang layak untuk ditempati, bahkan, pihak RSUDTP hingga saat ini belum menerapkan sistem manajemen modern. “Seharusnya sistem tersebut sudah dimulai,” ungkapnya.

Dia menilai, Direktur RSUDTP kurang paham terhadap tata kelola manajemen keuangan rumah sakit, karena sejauh ini banyak masyarakat yang komplain dari pelayanan pasien hingga kekurangan obat.

“RSUDTP anggaranya fleksibel, kapan pun bisa diubah. Jadi, tujuan negara itu agar rumah sakit berkecukupan, tapi harus terbuka ke publik,” imbuhnya.

Menurut Hendra, dengan berkantor di RSUDTP, Pj Bupati Darmansah akan mengetahui penyebab lemahnya manajemen rumah sakit dan borosnya manajemen keuangan.

“Kalau dibutuhkan saya juga ikut berkantor mendampingi Pj Bupati,” tegasnya.

Selanjutnya Hendra Fadli juga menjelaskan, disana Pj Bupati bisa berkomunikasi langsung dengan pelaksana dilapangan mulai dari petugas klining servis, perawat, dokter dan petugas lainnya.

Tujuannya, Pj bupati mengetahui apa persoalan sebenarnya untuk menjadikan dasar melakukan perubahan dan memperbaiki manajemen rumah sakit.

“Kalau penyebab SDM maka harus dilakukan perombakan besar besaran,” ucapnya. Hendra Fadli menyebutkan, keuntungan lain dari berkantor di RSUTP, Pj Bupati Abdya bisa mendengar langsung keluhan dari keluarga pasien yang ada dirumah sakit.

“Masyarakat bisa langsung melapor kepada bupati apa masalah yang mareka keluhkan,” tutupnya