Visitasi ke LAZMU, Kepala PZW Kemenag Singkil: Sinergi Lembaga Zakat Diperlukan untuk Entaskan Kemiskinan

LAZMU sendiri merupakan salah satu lembaga amil zakat yang ada di kabupaten Aceh Singkil.
Visitasi ke LAZMU Gunung Meriah, Kepala PZW Kemenag Singkil: Sinergi Lembaga Zakat Diperlukan untuk Entaskan Kemiskinan
Kegiatan visitasi Kemenga Aceh SIngkil ke LAZMU Cabang Gunung Meriah, Kamis (27/8/2020). | Foto ACEHSATU.com/Istimewa

ACEHSATU.COM | SINGKIL – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Singkil melakukan visitasi sekaligus pendataan ke Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (LAZMU) Cabang Gunung Meriah, kabupaten setempat, Kamis (27/8/2020).

Visitasi atau kunjungan tersebut bertujuan sebagai pendataan lembaga amil zakat serta melihat bagaimana pengembangan pengelolaan zakat yang ada di kabupaten Aceh Singkil.

LAZMU sendiri merupakan salah satu lembaga amil zakat yang ada di kabupaten Aceh Singkil.

Baca Juga:

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Singkil melalui Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf (PZW), Khasiah, SAg MM mengatakan kunjungan pihaknya ke LAZMU Gunung Meriah merupakan kegiatan perdana terkait visitasi lembaga amil zakat yang ada di kabupaten setempat.

“Kedepan direncanakan jika memungkinkan kita akan lakukan (memberi) pelatihan pengurus lembaga amil zakat agar pengelolaan zakat di Kabupaten Aceh lebih baik,” katanya, Kamis (27/8/2020).

Dia mengatakan, selain melakukan silaturahmi dengan pengurus LAZMU, pihaknya juga ingin melihat langsung program pengelolaan zakat lembaga tersebut di wilayah Kecamatan Gunung Meriah.

Audit Syariah

Kepala PZW Kemenag Aceh Singkil ini menyebut, pada tahun tahun ini direncanakan akan ada audit syariah terkait pengelolaan zakat oleh lembaga amil zakat di kabupaten setempat.

“Kita harapkan semua lembaga amil zakat di kabupaten Aceh Singkil ini bisa bersinergi dalam rangka menciptakan pengelolaan zakat sehingga akan dapat membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan melalui pengelolaan zakat,” jelasnya

Hadir dalam kegiatan visitasi tersebut kepala KUA Kecamatan Gunung Meriah yang diwakili penyuluh agama Islam serta staf dari Kementerian Agama.

Sementara itu, Ketua LAZMU Gunung Meriah Aliasmudin menyampaikan bahwa lembaga dipimpinnya didirikan dari dana pribadi. Ia menuturkan, semua pengurus LAZMU berstatus sebagai relawan.

Dalam visitasi itu, Aliasmudin berharap Kemenag Aceh Singkil ikut berpartisipasi dalam program Kampung Zakat Situbuh- tubuh yang sudah di canangkan sebagai Kampung Zakat di Kabupaten Aceh Singkil sejak tahun 2019 lalu.

Dia menjelaskan program- program yang selama ini sudah berjalan seperti bidang zakat fitrah, bidang santunan anak yatim dan bidang kurban.

“Sementara program seperti bidang pendidikan, ambulans gratis, dan bidang bantuan bencana, itu masih direncanakan,” jelas Aliasmudin. (*)

Baca selanjutnya: