Viral ‘Sekelompok Orang Berseragam Mirip Tentara China Tiba di Soetta’, Ini Analisa Polisi

Sebuah foto sekelompok pria berseragam warna krem di Bandara Soekarno-Hatta, beredar viral di media sosial.
Foto: (screen capture)

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Sebuah foto sekelompok pria berseragam warna krem di Bandara Soekarno-Hatta, beredar viral di media sosial.

Foto tersebut dinarasikan sebagai tentara berseragam yang baru tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Alexander Yurikho meragukan kebenaran informasi yang tersebar viral tersebut. Sebab, dilihat dari lokasinya sendiri bukan terminal kedatangan internasional, namun terminal keberangkatan.

“Dilihat dari fotonya, itu bukan area kedatangan internasional. Itu area keberangkatan internasional Terminal 3 Bandara Soetta,” kata Alexander dalam keterangan kepada detikcom, Jumat (2/10/2020).

Yuriko juga menganalisis foto ‘seragam tentara’ yang disebut-sebut pada unggahan tersebut. Dari analisisnya, bahwa pakaian yang dipakai para calon penumpang itu bukan seragam tentara.

“Itu bukan seragam tentara ya. Kalau saya cek di internet, itu pekerja di bagian tambang atau personel lapangan,” katanya.

Lebih lanjut saat ditanya apakah kabar tersebut hoax, Alexander menjawab, “Mungkin fotonya benar. Tapi narasinya itu yang perlu dipertanyakan dan dikonfirmasi,”.

Meski begitu, hal ini menjadi perhatian pihak kepolisian. Polisi akan berkoordinasi dengan otoritas bandara untuk mencari tahu kebenaran posting-an foto yang viral itu.

Unggahan foto tersebut viral di lini masa. Foto tersebut memperlihatkan sejumlah pria berpakaian seragam, kemeja lengan panjang dan celana panjang warna krem.

Mereka tampak berdiri mengantre sambil membawa koper dan ransel. Mereka tampak menggunakan masker dan face shield.

“APA KOMENTAR MRNTERI PERTAHANAN, PANGLIMA TNI, PARA ANGGOTA DPR RI BAHKAN PRESIDEN

Tentang fenomena kedatangan besar2an tentara berseragam ini di bandara Soekarno Hatta.,” demikian caption foto yang diunggah akun Twitter @BerisikEmak.

Postingan foto tersebut mendapat sejumlah komentar. Sebagian ada yang berkomentar mengaitkan dengan tentara China. (*)