VIRAL – Pengantin Aceh Muntah dan Nyaris Pingsan Keberatan Pakai Sunting 4 Kg

Menikah dengan memakai adat tradisional menjadi kebanggaan tersendiri untuk beberapa orang. Busana adat juga menambah kesan sakral dalam acara pernikahan.
Pengantin Aceh
Pengantin wanita yang hampir pingsan saat di atas pelaminan. Foto: tangkap layar TikTok @yolanda_riaspengantin.

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Menikah dengan memakai adat tradisional menjadi kebanggaan tersendiri untuk beberapa orang. Busana adat juga menambah kesan sakral dalam acara pernikahan.

Namun pengalaman wanita ini memakai busana adat saat menikah berbeda dari lainnya. Karena memakai busana pengantin tradisional Aceh yang dilengkapi sunting, dia nyaris pingsan. Kisah pengantin yang hampir pingsan ini pun viral di TikTok.

Video pengantin yang nyaris pingsan karena sunting ini viral berawal dari unggahan Yolanda Rias Pengantin di akun TikToknya @yolanda_riaspengantin. Dalam video tersebut terlihat pengantin yang sedang duduk lemas dan suntingnya sedang diperbaiki oleh sang perias.

“Peringatan banget buat para pengantin. Jadi ceritanya si kakak gak bisa tidur malam dan gak ada selera makan, begitu naik mahkota Acehnya langsung mual karena beban di kepala kurang lebih 4 kg. Muntah sampai mau pingsan di pelaminan,” tulis akun TikTok @yolanda_riaspengantin (11/2/2021).

Akhirnya kata sang perias, riasan kepala atau sunting yang dikenakan pengantin tersebut dibongkar sebelum acara selesai. Video kemudian memperlihatkan momen pengantin wanita yang duduk lemas dan pasrah.

“Kan sayang banget bayar mahal-mahal tapi cuma pakai sebentar. Jadi buat para pengantin please banget dijaga kesehatannya ya,” lanjutnya.

Hingga Selasa (16/2/2021) video tersebut sudah dilihat lebih dari 959 ribu Views, mendapat 437 Likes dan 305 komentar. Warganet ada yang curhat pengalaman serupa dan memberi tahu jika pengantin harus menjaga kesehatan sebelum menikah.

“Sama kayak spupuku kemarin tapi dia pakai siger Sunda selesai akad lagsung muntah-muntah,” ucap akun @ariesgirl.

Pengantin Aceh
Pengantin wanita yang hampir pingsan saat di atas pelaminan. Foto: tangkap layar TikTok @yolanda_riaspengantin.

“Saya dulu pake adat Padang alamak suntingnyaaa bener-bener ditahan dah itu, untung masih mau makan. begitu selesai pesta asli demam gak jadi malam pertama,” curhat akun TikTok @Indah Pratiwi.

“Gini kak sehari atau dua hari sebelum acara suasana harus happy dan fit supaya pas hari h tidak ada beban dan enteng aja liatnya,” saran akun @hmmmmm.

“Ooh berarti dekat hari H.. MUA jangan lupa ingatin calon penganten untuk istirahat cukup biar ga kaget lumayan pegel tuh seharian,” saut akun @rumahdzarrel.

Mengutip Wolipop yang menghubungi Winda Yolanda yang merupakan pemilik akun TikTok @yolanda_riaspengantin.

Ia merasa terkejut dan tidak menyangka jika videonya viral. Winda sebagai perias pengantin yang ada di video tersebut, menceritakan kejadian pengantin nyaris pingsan karena keberatan sunting.

“Pengantin kebetulan memang kurang sehat, akibat kurang istirahat pada malam sebelum acara dan mungkin kelelahan untuk persiapan acara. Jadi pas pagi sebelum acara akad nikah si kakak memang sudah bilang ‘Kakak kurang tidur ni dek jadi rada pening.’ Sepulang dari akad nikah, kebetulan cuaca di hari acara itu sedang panas sekali,” ungkap Winda kepada Wolipop, Selasa (16/2/2021).

Pengantin yang nyaris pingsan karena beban sunting 4 kg di kepalanya itu menggelar acara pernikahan pada 11 Februari 2021. Winda pun menuturkan bagaimana kondisi pengantin tersebut.

“Sunting mahkota Acehnya memang kurang lebih beratnya itu 4 kiloan, karena semua bahan terbuat dari tembaga. Faktor kurang istirahat, kelelahan, cuaca dan juga berat beban mahkota yang ditahan mungkin itu penyebab si kakak sempat muntah beberapa kali dan hampir pingsan di pelaminan,” kata MUA yang berasal dari Banda Aceh itu.

Winda menambahkan sebelum jam 14.00 WIB, pengantin wanita yang enggan disebut namanya itu sudah tak tahan dan meminta para tim rias untuk membongkar pakaian adat berserta mahkotanya. Padahal seharusnya acara resepsi pernikahan itu berlangsung hingga pukul 16.00.

“Selesai bongkar si kakak langsung istirahat karena kondisinya sudah lelah sekali. Seharusnya acara dimulai dari jam 10.00WIB. Karena kan akad dan resepsi di hari yang sama. Mulai makeup jam 07.00 selesai akad jam 09.00 WIB. Langsung kita gantikan pakaian adat dan selesai acara kira kira jam 16.00 WIB,” jelasnya.

Di akhir wawancara, Winda menyebutkan alasannya mengunggah kejadian tersebut di akun TikToknya.

“Seperti penjelasan di dalam TikTok, ini peringatan untuk para pengantin agar jaga kesehatan dan cukup istirahatnya supaya gak kerjadian seperti ini juga,” pungkasnya. (*)