oleh

Viral! ‘Hutan’ Parabola di Rumah Roy Suryo, Ternyata Ini Fungsi

-Nasional-110 views

ACEHSATU.COM – Foto rumah milik mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, viral di media sosial. Sebab foto itu menunjukkan ada banyak parabola yang terpasang di rumah Roy Suryo. Apa sih fungsinya?

Roy menjelaskan belasan parabola itu memiliki fungsi masing-masing. Setiap parabola disebutnya terhubung dengan berbagai satelit.

“Fungsi (parabola) memang berbeda-beda, tergantung satelit dan data yang ada di dalamnya. Tetapi, dulu pertama kali yang dipasang memang parabola dengan LNB (Low Noise Blockdown-converter) untuk siaran-siaran TV dan radio mancanegara, cuma sekarang fungsinya sudah banyak berkembang,” kata Roy melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (16/12/2019).

Roy mengaku pemasangan parabola tersebut untuk mempermudah akses internet. Selain itu, ia memanfaatkan keberadaan satelit yang kebetulan berada di garis Khatulistiwa.

“Banyak yang bertanya buat apa, saya ‘senyum’ saja. Karena banyak data-data selain akses internet juga video dan audio, intinya semua satelit berada di garis Khatulistiwa, dan kita beruntung berlokasi di bawahnya,” ujar Roy.

“Kalau sedikit lebih teknis, selain satelit Palapa, Telkom, Nusantara, Satria milik Indonesia, banyak satelit-satelit mancanegara lainnya, seperti Asiasat, Measat, Intelsat, Insat, Chinasat, ABS, Optus, Apstar, JCSat, ST, Telstar, Thaicom, Koreasat, Express, Yamal bahkan juga Vinasat, Laosat dan sebagainya. Makanya saya selalu sampaikan, kita bersyukur tinggal di Indonesia,” jelas pakar telematika ini.

Mengenai harga parabola miliknya, Roy enggan menyebut secara detail. Ia menyebut pembelian hingga pemasangan parabola itu murni menggunakan biaya pribadi.

“Soal biaya, seperti biasa saya senyum saja mas, soalnya kan semua dipasang sendiri. Dan kalau soal (parabola yang) mahal dan tidak, saya sekali lagi (senyum) saja,” ucapnya.

Detikcom menyambangi kediaman Roy di Padukuhan Kutu Dukuh, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Sleman siang ini. Tampak di bagian atap rumah berlantai dua itu dipenuhi belasan parabola dengan berbagai ukuran. Jumlah parabola yang terlihat sekitar 12 unit.

Roy mengakui parabola-parabola itu sudah dipasang sejak 25 tahun yang lalu.

 

Penampakan parabola yang dipasang di rumah Roy Suryo di Sleman, Senin (16/12). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

 

“Dan itu bukan hiasan atau dekorasi lho, karena semua (parabola yang terpasang di rumahnya) ada fungsinya. Semua parabola masih aktif sampai sekarang, tapi ada satu yang lagi diperbaiki mounting-nya karena antisipasi bahaya angin akhir-akhir ini,” imbuhnya. (*)

Komentar

Indeks Berita