VIDEO Penampakan Awan Aneh di Langit Kota Banda Aceh

Dua gumpalan awan atau dikenal juga dengan awan kumulonimbus (Cb) mewarnai langit Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Selasa (6/7/2021) sore.

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Dua gumpalan awan atau dikenal juga dengan awan kumulonimbus (Cb) mewarnai langit Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Selasa (6/7/2021) sore.

Penampakan awan ini terlihat mencolok dan bisa dilihat dengan kasat mata oleh warga.

Mengutip postingan di Wikipedia, biasanya, awan jenis ini sangat terkait dengan intesitas hujan yang deras, badai petir dan cuaca dingin lainnya.

Sumber Wiki menyebutkan bahwa awan ini terbentuk akibat ketidakstabilan atmosfer sehingga bentuknya berbeda dengan kebiasan awan lain di langit.

Penampakan Awan Aneh
Foto Korelasi/Youtube

Awan Lenticularis terbentuk ketika arus angin yang mengalir sejajar permukaan bumi mendapat hambatan dari objek tertentu seperti pegunungan. Akibat hambatan tersebut, arus udara tersebut bergerak naik secara vertikal menuju puncak awan.

Udara naik tersebut mengandung banyak uap air dan bersifat stabil, maka saat mencapai suhu titik embun di puncak gunung uap air tersebut mulai berkondensasi menjadi awan mengikuti kontur puncak gunung.

Fenomena awan ini adalah biasa walau jarang ada dan tidak ada kaitan dengan fenomenalain seperti akan ada gempa besar apa lagi yang berbau mistis.

Awan ini sangat menari bila dilihat bentuknya, ada yang seperti gansing ada juga yang berbentu Uvo dan ada juga yang bentuk lain yaitu seperti tudung/ topi bila terjadi dipuncak gunung.

Awan ini menarik dilihat, tapi berbahaya terhadap dunia penerbangan, terutama untuk penerbangan rendah seperti helikopter atau pesawat kecil dan juga pesawat yang mau landing.

Awan letikularis ini menimbulkan turbulensi sehingga bila pesawat atau helikopter melintasi awan tersebut akan terjadi guncangan yang hebat bahkan bisa terjadi kecelakaan jatuhnya pesawat. (*)