VIDEO Evakuasi Anak Panti Terjebak Banjir, BPBD Kerahkan Bus dan Truk

Puluhan anak di panti asuhan UPTD Rumah Sejahtera Aneuk Nanggroe pada Desa Gue Gajah, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar terpaksa dievakuasi dari asrama tempat mereka tinggal.

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR — Puluhan anak di panti asuhan UPTD Rumah Sejahtera Aneuk Nanggroe pada Desa Gue Gajah, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar terpaksa dievakuasi dari asrama tempat mereka tinggal.

Anak-anak panti ini diungsikan ke tempat lebih aman menyusul banjir yang terjadi didaerah itu.

Proses evakuasi dilakukan menggunakan bus dan truk yang oleh petugas Tagana dan BPBD Aceh Besar.

Banjir yang menggenangi asrama mereka sudah berlangsung selama tiga hari terakhir. Hujan deras yang hingga kini masih mengguyur daerah itu memngakibatkan debit air tak kunjung surut.

Pengurus panti enggan mengambil resiko atas keselamatan anak-anak dan memilih mengevakuasi mereka ke tempat yang lebih layak dan aman.

Selain menimbulkan kekhawatiran, banjir mengakibatkan komplek panti asuhan untuk sementara waktu juga tidak bisa menggelar aktivitas apapun.

Sementara itu, selain melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir, petugas BPBD Aceh Besar hingga kini juga masih bersiaga dilokasi.

Mereka ikut mengerahkan perahu karet bila sewaktu-waktu harus mengevakuasi warga yang sebagian diantaranya masih memilih bertahan di rumah meski dalam kondisi tergenang.

Kawasan Gue Gajah Darul Imarah yang berada tak jauh dari aliran sungai Krueng Daroy sejauh ini kerab dilanda banjir terutama saat musim penghujan.

Menurut warga, banjir kali ini terbilang cukup parah dan merupakan yang kedua kalinya terjadi sejak tahun 2020 lalu. (*)