VIDEO Bertambah Kasus Positif Dosen USK, Usai Berlakukan Tes Swab Harian

Kasus Positif Dosen USK

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh memberlakukan tes swab harian terhadap dosen dan pegawainya.

Tindakan ini dilakukan kampus berjuluk Jantong Hate Rakyat Aceh itu menyusul banyaknya kasus positif Covid19 di lingkungan universitas.

Hingga hari ini (3/6/2021), tercatat sudah delapan dosen USK yang meninggal dunia dan 254 lainnya (termasuk pegawai) dinayatakan positif sejak virus corona merebak di Aceh, yakni pada awal tahun 2021.

Menurut catatan pihak kampus, jumlah kasus meningkat drastis seusai hari raya idul fitri 1442 hijriah, yakni sebanyak 160 kasus.

Pihak kampus mengklaim sudah melakukan berbagai upaya termasuk tracing dan testing kepada seluruh dosen dan pegawai, dengan harapan bisa melacak atau mutus penyenaran covid-19//

Di sisi lain, seluruh dosen yang positif umumnya tanpa gangguan kesehatan atau orang tanpa gejala (OTG), dan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Informasi terakhir, hingg akini ada dua dosen yang sedang menjalani perawatan di ruang isolasi pinere Rumah Sakit Umum Saionel Abidin Banda Aceh.

Terkait dosen yang meninggal dunia, seluruhnya dinyatakan memiliki comorbit atau penyakit bawaan.

Terkait kondisi ini, USK kembali mengehntikan belajar tatap muka dan mengurangi aktivitas di lingkungan kampus dengan membatasi maksimal 4 orang dalam satu ruangan.

Sementara itu, data Dinas Kesehatan Aceh menyebut angka positif Covid-19 bertambah 214 orang ((3/6/2021), dengan angka kumulatif tetpapar covid19 di Aceh mencapai 15.454 jiwa. (*)