VIDEO Banjir Landa Sejumlah Daerah di Aceh

Hingga berita ini dipublikasikan, cuaca mendung dengan awan hitam tampak masih menyelimuti langit Banda Aceh dan Aceh Besar.

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Banjir di aceh terjadi di sejumlah daerah. Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Aceh menimbulkan banjir di sejumlah titik, tak terkecuali di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Genangan setidaknya terjadi di Gampong Gue Gajah, Kecamatan Darulimarah, Aceh Besar, serta di komplek Villa Buana Ajun dan Gampong Prada, Banda Aceh.

Selain karena tingginya intensitas hujan, luapan suangi dan buruknya drainase menjadi sebab Kawasan ini tergenang banjir.

Ketinggian air bervariasi mulai dari 15 sentimeter hingga mencapai setengah meter dan menyebabkan rumah warga tergenang serta satu unit kantor Pos.

Hingga berita ini dipublikasikan, cuaca mendung dengan awan hitam tampak masih menyelimuti langit Banda Aceh dan Aceh Besar.

Banjir di Aceh
Foto Dok Korelasi/Youtube

Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang Aceh Besar memprediksi cuaca ekstrim berupa hujan deras disertai angin masih berpotensi terjadi hingga beberapa hari kedepan.

Karenanya BMKG meminta masyarakat waspada terhadap kemungkinan banjir, banjir bandang serta tanah longsor, terutama di daerah rawan bencana.

Sebelumnya diberitakan, Hujan deras mengguyur wilayah Kota Banda Aceh dan sebagian Kabupaten Aceh Besar sejak Jumat (9/7) dini hari akibatkan genangan air terjadi di sejumlah pemukiman daerah itu.

Jalan Hasan Saleh kawasan Neusu Kota Banda Aceh, misalnya air mengenangi ruas jalan tersebut.

Sementara air Sungai Kreueng Daroy, hasil pengamatan pukul 7.00 WIB, Jumat,  terus meninggi, bahkan di Taman Putro Phang, nyaris melewati  pondasi pembatas sungai.

“Guyuran hujan deras sejak pukul 01.00 WIB dini hari dan tidak berhenti hingga saat ini. Saya khawatir terjadi banjir,” kata Syarifuddin, warga Gampong Ateuk Munjeng. (*)