VIDEO Banda Aceh Masuk Zona Merah, Museum Tsunami Ditutup

Instruksi Gubernur Aceh tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mengakibatkan pihak Museum Tsunami menutup sementara operasional museum.

Banda Aceh Zona Merah, Museum Tsunami Ditutup

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Banda Aceh masuk zona merah covid-19 jadi berita trending seja kemarin. Akibatnya banyak aktivitas publik yang dihentikan.

Instruksi Gubernur Aceh tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mengakibatkan pihak Museum Tsunami menutup sementara operasional museum.

Terlebih, kota yang menjadi keberadaan museum berlokasi di Kota Banda Aceh yang saat ini masuk zona merah kasus covid19.

Penutupan Museum Tsunami sudah berlangsung sejak  31 Mei 2021 dan sejauh ini belum diputuskan kapan aktivitas akan dibuka kembali.

Museum Tsunami menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat saat berkunjung ke Banda Aceh.

Minimnya pemberitahuan mengakibatkan banyak wisatawan kecewa, karena tidak mengetahui penutupan operasional musium untuk umum.

Deri misalnya, warga asal jakarta ini sengaja menyempatkan diri berkunjung ke museum dengan harapan bisa melihat langsung rekaman atau ilustrasi serta edukasi bencana tunami yang pernah terjadi Aceh.

Kepala Museum Tsunami Aceh, Hafnidar mengatakan, setiap hari ada 1.000 sampai 1.400 wisatawan dari berbagai provinsi dan mancanegara berkunjung ke museum.

Pihaknya pun mengaku khawatir terjadi penumpukan orang, terlebih Kota Banda Aceh dalam kategori zona merah covid-19.

Penutupan Museum Tsunami ini merupakan kali kedua yang dilakukan pengelola sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran covid 19.

Sebelumnya pihak museum juga sudah menutup operasional gedung ini selama kurun waktu  enam bulan.

Museum Tsunami sempat dibuka  dengan menerapkan protkes ketat bagi para pengunjung. (*)