flyer jumat agung

UTU Meulaboh Bantah Pecat dan Syahadatkan Ulang Mahasiswa Unggah Flyer Jumat Agung

ACEHSATU.COM | ACEH BARAT – Berita pemecatan mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat, karena mengunggah flyer Jumat Agung di Instgram bikin heboh lini masa media sosial. Kabar tersebut langsung dibantah oleh pihak kampus. Kampus membantah memecat dan mensyahadatkan kembali para mahasiswa tersebut. “Sampai saat ini, pimpinan UTU sama sekali tidak pernah memberhentikan atau … Read more

ACEHSATU.COM | ACEH BARAT – Berita pemecatan mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat, karena mengunggah flyer Jumat Agung di Instgram bikin heboh lini masa media sosial.

Kabar tersebut langsung dibantah oleh pihak kampus.

Kampus membantah memecat dan mensyahadatkan kembali para mahasiswa tersebut.

“Sampai saat ini, pimpinan UTU sama sekali tidak pernah memberhentikan atau melakukan pemecatan baik secara lisan ataupun secara tertulis terhadap mahasiswa yang dipandang bertanggung jawab dalam perkara ini dari statusnya sebagai bagian dari Pengurus DPM/MPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa/Majelis Permusyawaratan Mahasiswa) UTU. Informasi yang beredar seolah-olah Pimpinan UTU telah mengambil sikap berupa memberhentikan dan/atau melakukan pemecatan terhadap mahasiswa dari kepengurusan DPM/MPM adalah informasi yang keliru dan tidak benar,” kata Rektor UTU Dr Ishak Hasan, Selasa (18/4/2023).

BACA JUGA: Dianggap Murtad, 4 Mahasiswa di Aceh Dipecat Gegara Posting ‘Jumat Agung’ di Instagram

Ishak mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat klarifikasi ke Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Dikti terkait permasalahan tersebut. Ishak mengatakan flyer berisi ucapan selamat memperingati Jumat Agung diunggah di Instagram DPM UTU pada Jumat, 7 April.

Keberadaan flyer itu disebut mendapat respons dari berbagai komponen masyarakat, termasuk alumni yang meminta agar flyer tersebut dihapus.

Dia mengatakan DPM UTU menghapus unggahannya pada hari yang sama, namun tangkapan layar flyer tersebut telanjur tersebar sehingga viral di media sosial.

Pihak kampus kemudian menggelar pertemuan pada Senin (10/4) yang dihadiri rektor, wakil rektor, alumni, DPM/MPM, pemerintah, hingga Komunitas Mahasiswa Kristen (KMK). Dalam rapat itu, para pihak sepakat masalah diselesaikan secara internal.

BACA: MPU Aceh: Praktik Mafia Tanah Hukumnya Haram dan Dosa Besar

Ishak mengatakan pengurus DPM/MPM telah membuat video klarifikasi dan permintaan maaf atas unggahan tersebut.

Dia juga menjelaskan soal kunjungan dari ketua dan pengurus Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Barat yang menyarankan dilakukan pensyahadatan kembali mahasiswa yang dipandang bertanggung jawab terhadap pembuatan dan penayangan flyer Jumat Agung tersebut.

flyer jumat agung
Universitas Teuku Umar Meulaboh. Dok. Facebook

“Namun demikian, UTU tidak melakukan pensyahadatan kembali kepada mahasiswa tersebut,” jelas Ishak.

Sebelumnya diberitakan, Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh Aceh Barat, Ishak Hasan memecat dan menganggap murtad empat mahasiswa dari kepengurusan Dewan Perwakilan Mahasiswa UTU.

Keempat mahasiswa itu dimakzulkan dari jabatannya lantaran mengunggah flyer ucapan selamat memperingati Jumat Agung di akun resmi Instagram DPM UTU.

BACA: Fatwa Ulama Aceh: Pemimpin Muslim Halalkan Maksiat Hukumnya Haram dan Murtad

Flyer Jumat Agung di akun resmi Instagram UTU itu diposting Senin (10/4/2023).

Setelah dipecat, keempat mahasiswa tersebut juga diminta mengucapkan syahadat kembali karena sudah dianggap murtad secara perbuatan.

Informasi mengenai pemecatan tersebut diunggah dalam sebuah video berjudul ‘Posting Flyer Jumat Agung, Empat Mahasiswa di Aceh Dianggap Murtad dan Dipecat dari Organ Kemahasiswaan’, narator dalam video itu menyayangkan pemecatan keempat mahasiswa itu yang dilakukan secara sepihak.

Di dalamnya juga dikutip pendapat Koordinator Jaringan Islam Anti-diskriminasi (JIAD) Gus Aan Anshori yang menegaskan mestinya keempat mahasiswa itu justru diapresiasi karena telah meneguhkan toleransi di tengah kebhinekaan Indonesia. (*)

AcehSatu Network
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Optio, neque qui velit. Magni dolorum quidem ipsam eligendi, totam, facilis laudantium cum accusamus ullam voluptatibus commodi numquam, error, est. Ea, consequatur.