Usulan Hak Angket Gubernur Aceh Masih Menggantung

Usulan Hak Angket Gubernur Aceh
Gedung DPR Aceh (Agus Setyadi/detikcom)

Usulan Hak Angket Gubernur Aceh

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Usulan Hak Angket Gubernur Aceh oleh DPR Aceh (DPRA) belum masih menggantung. Pasalnya pimpinan DPRA belum membahas kelanjutan usulan hak angket terhadap Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Badan Musyawarah (Bamus).

Usulan hak angket masih menggantung.

“Baiknya coba komunikasikan dengan teman-teman yang hari ini tidak menggunakan hak angket, apakah mereka ada perubahan. Tapi kalau teman-teman yang masih menggunakan hak angket kan sejauh ini masih konsisten untuk melakukan,” kata Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin saat dihubungi, Selasa (24/11/2020).

Safaruddin mengatakan saat ini pihaknya belum melanjutkan pembahasan jadwal rapat paripurna ulang di Bamus. Dia mengatakan DPRA berhati-hati terkait usulan hak angket.

Usulan Hak Angket Gubernur Aceh
Gedung DPR Aceh (Agus Setyadi/detikcom)

"Makanya, daripada kita menggugurkan, nanti kan bisa bercabang-cabang lagi persepsi orang, membuat marwah lembaga menjadi jatuh. Makanya ini harus hati-hati dalam pengambilan keputusan kami pimpinan," jelas politikus Partai Gerindra ini.

Safaruddin menyebut jadwal rapat paripurna ulang terkait hak angket belum dibawa ke Bamus. Rapat di Bamus bakal digelar bila ada dorongan dari pimpinan fraksi yang ada di DPR Aceh.

"Di Bamus, apa pun keputusan, harus diterima nantinya. Kalau sudah dijadwalkan paripurna kapan, posisinya nanti tidak terpenuhi lagi (kuorum) otomatis kan hak angket itu bisa gugur," jelas Safaruddin.

"(Sekarang) domainnya di pimpinan, cuma domainnya pimpinan nanti jangan nanti dituding atau juga pemikiran persepsi menjadi lain terhadap pimpinan seakan-akan kita sengaja menggugurkan penggunaan hak angket ini," sambungnya.

Sebelumnya, rapat paripurna persetujuan usulan hak angket terhadap Nova ditunda. Rapat ditunda karena jumlah anggota DPR Aceh yang hadir tidak memenuhi kuorum.

Dalam rapat paripurna, Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin mengatakan DPR Aceh bakal menentukan jadwal sidang lanjutan dalam rapat di Bamus. Dia menyebut, Bamus akan menjadi forum pengambilan keputusan yang ada dalam mekanisme DPR Aceh.

"Oleh karena itu, sekali lagi saya tanyakan kepada sidang paripurna yang terhormat ini, apakah kita setuju untuk menunda paripurna hari ini sampai dengan waktu yang ditetapkan dalam musyawarah?" tanya Dahlan, Selasa (27/10) sore.

"Setuju," jawab anggota DPR Aceh serentak. (*)