Usai Temukan 5 Orang Hilang di Hutan Aceh Tengah, 8 Anggota SAR Tersesat Saat Pulang

Delapan anggota tim SAR gabungan yang melakukan pencarian orang hilang di tengah hutan di Aceh Tengah, Aceh, dikabarkan tersesat. Mereka tidak tahu arah pulang setelah menemukan orang yang dicari.
Orang Hilang di Hutan Aceh Tengah
Ilustrasi hutan (Rachman Haryanto/detikcom)

ACEHSATU.COM | ACEH TENGAH – Delapan anggota tim SAR gabungan yang melakukan pencarian orang hilang di tengah hutan di Aceh Tengah, Aceh, dikabarkan tersesat. Mereka tidak tahu arah pulang setelah menemukan orang yang dicari.

“Hari ini tim yang menjemput mereka sudah berangkat ke lokasi. Kita masih bisa berkomunikasi dengan mereka,” kata Ketua Unit Siaga SAR Takengon Muhammad Amri saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (12/8/2021).

Amri menjelaskan tim SAR gabungan berjumlah delapan orang awalnya melakukan pencarian terhadap lima orang warga Desa Berawang Dewal, Kecamatan Jagong Jeget. Kelimanya dinyatakan hilang sejak 27 Juli lalu.

Setelah beberapa hari melakukan pencarian, delapan anggota tim SAR disebut berhasil menemukan mereka. Namun dalam perjalanan pulang, ke-13 orang itu disebut tersesat.

“Kendala mereka hujan dan kabut tebal sehingga tidak tahu arah pulang,” jelas Amri.

Orang Hilang di Hutan Aceh Tengah
Ilustrasi hutan (Rachman Haryanto/detikcom)

“Satu lagi kendala mereka tim yang pertama karena estimasi persiapan logistik mereka sudah menipis,” lanjutnya.

Menurut Amri, tim SAR gabungan berjumlah 20 orang hari ini dikerahkan untuk menjemput ke-13 orang yang tersesat tersebut. Keberadaan mereka disebut telah diketahui.

“Untuk komunikasi ke tim pertama kita masih bisa. Kita bentuk tim untuk mencari dan menjemput di koordinat yang mereka beri,” jelas Amri. (*)