Update Warga Langsa Positif Corona: 31 Petugas Medis di Puskesmas dan RSUD Langsa Diisolasi

Laporan Jamil Gade

ACEHSATU.COM, LANGSA – Seorang warga kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa dengan inisial N (56) dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil uji swab dari laboratorium kesehatan Banda Aceh. Hasil itu berdampak pada 31 tenaga medis yang sebelumnya sempat menangani pasien.

Pasien N sebelumnya sempat menjalani perawatan di Puskesmas Langsa Lama dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Langsa.

Direktur RSUD Kota Langsa dr Fardhani dalam konferensi pers bersama Ketua Gugus Penanganan Covid-19 Kota Langsa, Rabu (1/7/2020) menyatakan sejumlah tenaga medis yang diduga pernah berinteraksi dengan pasien diwajibkan menjalani karantina mandiri disertai langkah pengecekan kesehatan secara intensif.

Petugas medis tersebut terdiri dari 15 petugas Puskesmas dan 16 petugas RSUD Kota Langsa.

“Sebanyak 15 orang petugas medis Puskesmas dan 16 petugas RSUD akan menjalani karantina mandiri disertai pengecekan kesehatan secara intensif,” kata Fardhani.

Disebutkan, langkah itu diambil sebagai upaya untuk pencegahan dan memastikan petugas medis tersebut steril dari kontaminasi.

Acara konferensi pers turut dihadiri Wali Kota Langsa Usman Abdullah yang merupakan Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Pemko setempat serta dr Herman Harahap Kadiskes Kota Langsa. (*)