UPDATE: Melonjak, Total Positif Corona di Aceh Jadi 238 Kasus

UPDATE: Bertambah Total Positif Corona di Aceh Melonjak Jadi 238 Kasus

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Kasus positif virus Corona atau COVID-19 di Aceh bertambah 45 sehingga totalnya menjadi 238 kasus. Hari ini pasien COVID-19 yang meninggal dunia bertambah dua orang.

Berdasarkan data dirilis di situs Dinas Kesehatan Aceh, Rabu (29/7/2020), penambahan kasus positif Corona tersebar di 11 daerah.

Ini merupakan penambahan terbanyak sejak kasus pertama COVID-19 ditemukan di Aceh.

Daerah terbanyak pertambahan kasus baru virus Corona adalah Bener Meriah dengan 11 kasus, Aceh Tamiang delapan kasus, Bireuen enam kasus, Aceh Besar enam kasus, Lhokseumawe empat kasus, Aceh Selatan dan Aceh Tengah masing-masing tiga kasus.

Selain itu, empat daerah mencatat masing-masing satu kasus, yaitu Banda Aceh, Pidie, Aceh Barat Daya, dan Aceh Utara.

Sementara itu, pasien meninggal bertambah dua orang, sehingga totalnya menjadi 12 orang. Satu orang asal Aceh Besar dan satu orang dari Lhokseumawe.

Secara kumulatif, Aceh Besar menjadi daerah dengan kasus tertinggi, yaitu 60 orang, diikuti Banda Aceh 55 orang. Kasus kematian di Aceh Besar juga tertinggi, yakni lima orang.

Tidak ada pasien sembuh hari ini. Secara keseluruhan, jumlah pasien yang masih dirawat 134 orang dan sembuh 94 orang.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Provinsi Aceh merilis data terbaru persebaran virus corona di Aceh. Hasilnya menujukkan peningkatan drastis, per Rabu (29/7/2020) hari ini sebanyak 45 orang warga dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas dari Dinas Kesehatan Aceh, sebanyak 45 kasus baru yang terdeteksi. Sementara hari ini, GTPP COVID-19 Aceh melaporkan tidak ada penambahan pasien positif yang dinyatakan sembuh.

Dengan penambahan kasus baru tersebut, total kasus COVID-19 Provinsi Aceh terakumulasi menjadi sebanyak 238 kasus COVID-19, dengan 94 orang di antaranya dilaporkan sembuh.

Sedangkan 12 orang meninggal dunia, dan yang masih dalam perawatan tenaga medis sebanyak 132 orang.

Imbauan Jelang Idul Adha

Peningkatan drastis kasus baru di Aceh, Jubir Covid-19, yang juga Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/7/2020), mengimbau agar masyarakat lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan secara konsisten.

Terutama, kata dia, pada saat menjalankan salat Idul Adha 1441 H yang akan datang.

Menurut Saifullah, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT telah menyurati bupati/walikota pada 20 Juli 2020 terkait pelaksaan salat berjamaah pada Idul Adha nanti.

“Shalat Idul Adha dapat dilaksanakan di semua daerah Zona Hijau dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Jubir yang akrab disapa SAG ini. (*)