oleh

UPDATE: 11 Warga Bener Meriah Terkonfirmasi Positif Covid, Total 19 Orang

11 Warga Bener Meriah Terkonfirmasi Positif Covid, Total 19 Orang

ACEHSATU.COM | BENER MERIAH Lagi peningkatan kasus positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab yang dikeluarkan oleh Laboratorium Balitbangkes Aceh.

Kali ini terdapat 11 warga Bener Meriah, terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD Muyang Kute, dr Sritabahhati, Rabu (29/7/2020), dalam rapat dengan Forkopimda dan Forkopimda plus di Aula Kator Bupati Bener Meriah.

Hingga hari ini, total 19 orang sudah terkonfirmasi covid berdasarkan hasil tes swab.

Dari 19 orang itu, 12 orang diantaranya petugas kesehatan dan doker yang bertugas di RSUD Muyang Kute.

Sebeumnya diberitakan, kasus covid-19 di Aceh memasuki babak baru. Transmisi lokal diduga menjadi faktor utama penyebaran virus mematikan itu.

Dua warga Kota Langsa yang berdomisili di wilayah Kecamatan Langsa Barat, berinisial R (40) dan H (20), dinyatakan positif covid-19.

Keduanya dinyatakan positif setelah keluar hasil swab test.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa, Yanis Prianto, Rabu (29/07/2020), mengatakan, pasien terkonfirmasi pasitif covid-19 berinisial R, setelah dilakukan swab test.

Dijelaskan Yanis, awalnya R datang ke RSUD Langsa untuk melakukan kontrol ulang keadaan kesehatannya, pada Jumat (24/07/2020) sekitar pukul 14.20 WIB.

Dengan hasil cek kesehatan di RSUD Langsa, pasien R mengalami Anamnesa.

Pada beberapa waktu sebelumnya, R melakukan perjalan ke Kota Medan, Sumut.

Riwayat kesehatan R mengalami demam 5 hari terakhir, batuk kering, lemah, dan selama ini keadaan R kurang sehat (sakit) selalu dirawat oleh perawat pribadi di rumah.

“Hasil rontgent thoraks Infiltrat Parenkim paru kanan minimal, dan hasil diagnosa Pneumonia Ringan dan dinyatakan masih suspec covid-19,” ucapnya.

Kemudian, sambung Yanis, pada Selasa (28/07/2020) keluar hasil RT-PCR atau swab test pasien R dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Setelah hasil positif covid-19 terhadap R ini, maka dilakukan koordinasi antara survelen ,UPTD Puskesmas Langsa Kota, RSUD Langsa, dan Dinkes setempat.

Selanjutnya, langsung dilakukan penjemputan R di rumahnya oleh Tim PSC Dinkes, guna perawatan lanjutan di RSUD Langsa.

“Pada Selasa (28/07/2020) pukul 21.40 WIB pasien R tiba di IGD PIE RSUD Langsa, dan kini menjalani perawatan di ruang khusus penanganan pasien covid-19,” jelasnya.

Ini kronologis kasusnya ( Hal 2)

Indeks Berita