Umuslim Buka Pendaftaran Calon Rektor Baru, Ini Syaratnya

Ketua panitia pemilihan Dra Zahara MPd. (Foto/Istimewa)

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Universitas Almuslim Peusangan Bireuen, membuka pendaftaran penjaringan calon rektor baru periode 2020-2024, mulai tanggal 14 s/d 19 Oktober 2020, bertempat di kampus induk Umuslim Matangglumpang Dua.

Hal tersebut dilaksanakan sehubungan berakhirnya masa jabatan Rektor Umuslim Peusangan setelah Rektor lama Dr H Amiruddin Idris SE MSi dilantik menjadi anggota DPRA, untuk sisa masa periode itu rektor dijabat Plt Dr H Hambali SE MPd.

Demikian dijelaskan ketua panitia pemilihan Dra Zahara MPd melalui Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim Zulkifli MKom, kepada AcehSatu.Com, Jumat (09/10/2020) siang.

Dijelaskan, kesempatan diberikan bagi seluruh dosen di Umuslim yang telah memenuhi syarat.

Pengumuman pendaftaran calon Rektor Umuslim periode 2020 -2024, mulai 7 s/d 13 Oktober 2020, dan pendaftaran dibuka tanggal 14 s/d 19 Oktober 2020.

Adapun persyaratannya antara lain beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dosen tetap Umuslim, sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan dokter, memiliki usia paling tinggi 61 tahun pada saat pendaftaran dengan pangkat Lektor Kepala.

Memiliki usia paling tinggi 65 tahun (guru besar) pada saat pendaftaran, memiliki pengalaman manajerial minimal sebagai wakil dekan dan atau sederajat dengan masa jabatan minimal 1 periode dilingkup Universitas Almuslim.

Berpendidikan S3 (Doktor) yang berasal dari perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui Pemerintah Republik Indonesia. Bersedia dicalonkan sebagai rektor melalui pernyataan tertulis.

Tidak pernah dipidana berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan perbuatan yang diancam pidana penjara minimal 5 (lima) tahun. Mempunyai visi dan misi yang bersifat membangun dan mengembangkan Universitas Almuslim.

Memiliki Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang baik selama 2 (dua) tahun terakhir, tidak merangkap jabatan struktural pada lembaga lainnya, berdomisili di Kabupaten Bireuen.

Sedangkan tatacara pendaftaran, pelamar datang langsung dengan membawa semua dokumen persyaratan dimasukan dalam 1 (satu) amplop tertutup ke Sekretariat Panitia pemilihan Rektor Universitas Almuslim di lantai 1 Biro Rektor Universitas Almuslim ( Ruang Kabag Ijazah lama).

Pendaftaran dilakukan setiap hari kerja mulai tanggal 14 s/d19 Oktober 2020 pukul 09.00 s/d 16.00 WIB. Seluruh biaya administrasi ditimbulkan selama  proses seleksi di tanggung oleh bakal calon, dan semua berkas bakal calon telah diajukan kepada panitia tidak dapat diambil lagi.

Sambung Zulkifli, sekarang panitia sudah melaksanakan proses pemilihan pada tahapan mengumumkan dan pendaftaran calon, nanti akan dilakukan beberpa tahapan sesuai ketentuan termasuk penyampaian visi dan misi.

“Bagi dosen telah memenuhi syarat dan berkeinginan melakukan pengabdian memajukan lembaga pendidikan ini, kami mengharapkan agar segera mendaftar di sekretariat panitia,” imbuh Zulkifi. (*)