UIN Ar-Raniry Banda Aceh Akan Bangun Pabrik Sabun di Wilayah Aceh Besar

pembangunaan pabrik sabun merupakan wujud dari komitmen kita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan SDM
Profesor Bidang Pemikiran Pendidikan Islam
Prof Dr Mujiburrahman MAg.

ACEHSATU.COM | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mencanangkan program pembangunan pabrik sabun di kawasan Aceh Besar yang nantinya akan menjadi bazis kegiatan bisnis di kampus tersebut.

Adapun perencanaan pembangunan tersebut diawali dengan penandatanganan addendum kerja sama antara UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

“Pabrik sabun tersebut akan memproduksi berbagai jenis sabun yang telah dihasilkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi di bawah kepemimpinan Dekan FST Dr Azhar Amsal,” kata Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman di Darussalam di Banda Aceh, Selasa.

Prof Dr Mujiburrahman menjelaskan Pemerintah Aceh Besar akan menyediakan lahan untuk tempat berdirinya pabrik sabun tersebut.

“Produk dari pabrik ini nanti akan kita produksi secara bersama-sama,” kata Prof Mujiburrahman.

Penandatanganan kerja sama tersebut ditandatangani Rektor Prof Dr Mujiburrahman dan Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Keistimewaan Aceh Sumberdaya Manusia dan Kerjasama Syukri disela prosesi Wisuda semester genap tahun akademik 2021/2022, di Auditorium Prof Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry.

Pemerintah Aceh Besar melalui staf ahli bupati Drs Syukri mengatakan pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan SDM sehingga membutuhkan kerja sama dengan kampus.

“Ini merupakan wujud dari komitmen kita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan SDM,” kata Syukri. 

Peningkatan kerja sama juga dilakukan melalui penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) yang ditandatangani oleh kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar Ir. Darmansyah  dengan Dekan Fakultas Saintek UIN Ar-Raniry Dr Azhar Amsal.