Tujuh Hektare Lahan Gambut di kawasan Desa Pulo Kruet Nagan Raya Terbakar

Meski terus memfokuskan pemadaman api, ia mengakui sejauh ini ketersediaan sumber air di sekitar lokasi kebakaran lahan masih menjadi kendala utama untuk dilakukan pemadaman.
Tujuh hektare lahan gambut
Ilustrasi : Kebakaran lahan.

ACEHSATU.COM | Nagan Raya – Tujuh hektare lahan gambut di kawasan Desa Pulo Kruet Nagan Raya Terbakar.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan gambut di kawasan Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur.

“Saat ini luas lahan yang terbakar mencapai tujuh hektare,” kata Sekretaris BPBD Nagan Raya, Said Nazaruddin, Rabu malam.

Ia mengatakan upaya pemadaman kebakaran lahan gambut tersebut melibatkan personel TNI, Polri, Polhut bersama masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

Said Nazaruddin menjelaskan upaya pemadaman bersama tim gabungan tersebut dilakukan dengan mengerahkan pompa air ke lokasi kejadian, karena akses jalan menuju ke lokasi kebakaran tidak bisa dilintasi armada pemadam kebakaran.

Guna menghentikan kobaran api, kata dia, pihaknya terus berupaya memaksimalkan pemadaman.

Meski terus berupaya melakukan pemadaman hingga sore hari, petugas akan kembali melanjutkan upaya pemadaman api pada Kamis (26/5) pagi.

“Untuk penyebab kebakaran, sejauh ini masih belum diketahui,” demikian Said Nazaruddin.

Upaya pemadaman di lokasi kebakaran tidak hanya dilakukan oleh personel BPBD Nagan Raya.

Meski terus memfokuskan pemadaman api, ia mengakui sejauh ini ketersediaan sumber air di sekitar lokasi kebakaran lahan masih menjadi kendala utama untuk dilakukan pemadaman.

“Kami terpaksa mengerahkan pompa air ke lokasi kebakaran, karena akses jalan menuju ke lokasi tidak bisa dilintasi armada pemadam kebakaran,” kata Said Nazaruddin menambahkan.

Pihaknya juga masih terus memfokuskan upaya pemadaman api, sehingga diharapkan kobaran api di lahan gambut tersebut tidak semakin meluas, tuturnya.