Tsunami Setinggi 1 Meter Landa Jepang, Setelah Gempa M 7,2

Gelombang tsunami setinggi hingga 1 meter menghantam sebagian pantai Jepang hari ini. Tsunami terjadi setelah gempa bumi dengan Magnitudo (M) 7,2 mengguncang di dekat Prefektur Miyagi, yang pernah luluh lantak akibat gempa dan tsunami dahsyat tahun 2011.
Tsunami Jepang
Foto Net

Tsunami Jepang

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Gelombang tsunami setinggi hingga 1 meter menghantam sebagian pantai Jepang hari ini. Tsunami terjadi setelah gempa bumi dengan Magnitudo (M) 7,2 mengguncang di dekat Prefektur Miyagi, yang pernah luluh lantak akibat gempa dan tsunami dahsyat tahun 2011.

Sebelumnya, pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami untuk Jepang setelah gempa bumi berkekuatan 7,2 di lepas pantai Prefektur Miyagi.

Gelombang tsunami pertama hingga satu meter menghantam daratan tak lama setelah gempa bumi, demikian saluran televisi lokal NHK melaporkan seperti dilansir DW, Sabtu (20/3/2021).

Belum ada laporan mengenai korban maupun kerusakan akibat gempa dan tsunami ini.

Konsulat Amerika Serikat di Sapporo mengeluarkan seruan kepada orang-orang di daerah itu untuk “mencari tempat yang lebih tinggi.”

Tsunami Jepang
Foto Net

Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan gempa terjadi pada Sabtu (20/3) pukul 18.09 waktu setempat pada kedalaman 60 kilometer (37 mil) di perairan Pasifik di lepas pantai wilayah Miyagi.

Getaran gempa juga terasa di ibu kota Jepang, Tokyo.

Sebuah video yang dibagikan oleh NHK menunjukkan bagaimana gempa tersebut dirasakan di kota Sendai di prefektur Miyagi. (*)