oleh

Tolak Penyebaran Corona, Bupati Belitung Kerahkan Para Dukun dan Tetua Adat

-Nasional-303 views

ACEHSATU.COM | BELITUNG — Bupati Belitung Sahani Saleh mengerahkan para dukun dan tetua adat yang tergabung dalam Forum Kedukunan Adat dan Lembaga Adat Melayu Belitong menggelar ritual tolak bala mencegah penyebaran virus corona di wilayah Belitung, Rabu (18/3/2020).

Tujuh orang dukun memanjatkan doa tolak bala dan selamat agar Pulau Belitung dijauhkan dari segala macam penyakit terlebih corona.

Ritual yang dilaksanakan di rumah adat itu merupakan wujud kearifan lokal dan tradisi adat masyarakat Belitung sebagai keturunan rumpun melayu.

“Kami dari jajaran pemerintah sudah berupaya semaksimal mungkin secara aturan maupun medis. Tapi kita tetap harus meminta ampun dan pertolongan kepada Tuhan atas cobaan yang diberikan,” ungkap pria yang akrab disapa Sanem seperti dilansir Posbelitung.co.

Menurutnya dukun yang dimaksud merupakan kepala kampung atau tetua adat di kampung yang sekarang tergabung dalam Forkum Kedukunan Adat Belitong.

Sanem berharap Belitung tetap aman dan dijauhkan dari segala macam penyakit.

“Ibarat kata penyakit yang dekat dijauhkan yang jauh dihilangkan dari Belitong ini,” katanya.

Pasca ritual dimulai, tujuh orang dukun mulai membaca doa secara bergantian. Lalu, ritual dilanjutkan dengan menuangkan air yang sudah didoakan di titik km 0 sekitaran bundaran satam. (*)

Komentar

Indeks Berita