Toke Ikan Calang Pasok Ikan ke Sumut, Ini Alasannya 

Toke Ikan Calang Pasok Ikan ke Sumut, Ini Alasannya 

ACEHSATU.COM [ ACEH JAYA – Toke bangku atau pemilik ikan di Kabupaten Nagan Raya mensiasati mengirimkan ikan tangkapannya ke pabrik ikan di Sibolga, Sumatera Utara karena harga ikan di Calang merosot tajam sehingga kurang laku.

“Sejak pandemi Covid-19 harga ikan dipasaran menurun terlebih ikan tuna saat ini tidak di import keluar negeri karena pandemi,” ujar Toke Bangku yang juga pemilik boat tangkap ikan, Fauzi kepada wartawan, Jumat (3/7/2020)

Menurutnya, selama pandemi harga ikan menurun karena daya beli berkurang, selain itu, hasil tangkapan sejumlah boat juga menurun akibat cuaca. Untuk ukuran boat 53 GT  hasil tangkapan berkisat antara 7 – 8 ton, jika di jual di Kabupaten Aceh Jaya dan kabupaten lain juga tidak langsung habis penjualannya.

Untuk itu, lanjut Fauzi, agar ikan punya harga pihaknya mengirimkan ikan tersebut ke pabrik ikan di Sibolga, Sumatera Utara, selain itu harga beli juga tinggi dan permintaannya dalam jumlah besar.

Untuk ikan jenis cakalang dengan ukuran 6 On di hargai Rp 13.00/kilogtram, sedangkan ikan tuna ukuran 20 kg di hargai Rp 31.000/kilogram  sedangkan jenis B dan C dihargai Rp 25.000 perkilogram.(*)