TMMD di Aceh Tamiang, Warga Dibekali Prilaku Hidup Sehat

 TMMD di Aceh Tamiang,  Warga Dibekali Prilaku Hidup Sehat

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 108 di Aceh Tamiang selain membangun fasilitas fisik, TNI juga membekali warga Kampung Rimba Sawang dan Semadam, Kecamatan Kejuruan Muda dengan prilaku hidup sehat dan manfaat keluarga berencana (KB)

“Kegiatan penyuluhan kesehatan dan penyuluhan KB ini merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan TMMD dengan harapan warga dapat hidup sehat dalam menghadapi pandemi Covid 19,” ujar Dandim 0117/Atam, Letkol (Inf) Deki Rayusyah Putra, S.Sos, MI.Pol melalui Pasiter, Lettu (Inf) Faisal Hadi.

Sedangkan narasumber penyuluhan pentinya prilaku hidup sehat masa pandemi dan manfaat program KB dihadirkan dari Puskesmas Kejuruan Muda, Sri Wahyuni, Amk yang memaparkan manfaat mengikuti program keluarga berencana bagi warga. Diantaranya, dapat mengatur kehamilan sehingga memberikan waktu lebih banyak untuk orang tua mengasuh anak balitanya.

Untuk meyakinkan warga akan manfaat KB, petugas Pukesmas ini, memberikan contoh dengan menghadirkan alat suntik KB, kondom, dan pil.

Selian itu juga dipaparkan mengenai prilaku hidup sehat kepada warga agar selalu mencuci tangan dengan bersih setelah selesai melaksanakan aktifitas sehari-hari.

Seperti dijelaskan apa saja protokol kesehatan Covid-19 yang harus ditaati warga seperti menjaga kebersihan tangan, jangan menyentuh wajah, terapkan etika batuk dan bersin selalu pakai masker, Jaga jarak dengan orang lain minimal satu meter.

Berikitnya, mengenai isolasi mandiri bagi yang merasa tidak sehat, seperti mengalami demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak napas. ”Selalu jaga kesehatan selama berada di dalam rumah atau berkegiatan di luar rumah dengan gizi seimbang, serta melakukan olahraga ringan,” ujar Sriwahyuni .

Penyuluhan itu berlangsung lancar, dan terlihat warga antusias mengikuti penyuluhan tersebut dengan memberikan beberapa pertanyaan kepad nara sumber.

Tampak hadir dalam  penyuluhan tersebut, Perwira pengawas TMMD, Kapten (Inf), P Harahap, Danramil 07/KJM, Kapten (Inf) Rizal,  Sekdes Seumadam,  Arifin SE, dan sejumlah tokoh masyarakat dari Kampung Seumadam dan Rimba Sawang.(*)