TKI asal Aceh Selatan di Malaysia Tewas Ditikam TKI Madura

Zulman (30), salah seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia asal Gampong Lawe Cimanok, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan, dilaporkan meninggal dunia di Malaysia.
TKI asal Aceh Selatan Tewas
Zulman, TKI di Malaysia asal Gampong Lawe Cimanok, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan, dilaporkan meninggal dunia di Malaysia. Foto Istimewa

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – TKI asal Aceh Selatan di Malaysia, Zulman (30 dilaporkan meninggal dunia di Malaysia.

Kematian Zulman yang berasal dari Gampong Lawe Cimanok, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan itu akibat ditikam oleh TKI asal Madura, pada Jumat (18/9/2020) pekan lalu.

Informasi dihimpun ACEHSATU.com, Selasa (29/9/2020), Korban sudah lama bekerja sebagai TKI di Malaysia. Namun sempat balikke kampung halaman untuk menikah dan balik lagi ke Malaysia.

Saat ini jenazah almarhum Zulman masih berada di salah satu rumah sakit di Selangor Malaysia dan dalam pengawasan Polisi Selangor Malaysia.

Sementara itu, dari Aceh Selatan, keluarga korban meminta kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh agar jenazah yang bersangkutan dapat segera diterbangkan ke Aceh Selatan untuk dikuburkan di kampung halamannya.

Camat Kluet Timur, Moeriadi SE kepada wartawan mengatakan, Pemkab Aceh Selatan juga akan memfasilitasi kepulangan jenazah Zulman.

Namun, hingga kini belum bisa dibawa pulang hari karena sedang libur dan Kantor Keduataan tutup.

Menurut informasi, korban meninggalkan seorang istri yang baru dinikahinya. Setelah melangsungkan pernikahan, almarhum Zulman kembali ke Malaysia untuk bekerja sebagai TKI.

Kekompakan Persatuan masyarakat Aceh Selatan di Perantauan

Sementara itu, Persatuan masyarakat Aceh Selatan di perantauan yang tergabung dalam wadah Pemuda Aceh Selatan (PAS) di Malaysia sudah berhasil mengurus dokumen yang berkaitan dengan pemulangan jenazah Zulman.

Jenazah Zulman yang dikabarkan akan tiba di Medan pada tanggal 2 Oktober 2020 dan langsung diberangkatkan ke Aceh Selatan.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, Moeriadi menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Pemuda Aceh Selatan (PAS) di Malaysia yang sudah membantu pikiran, tanaga dan dana untuk pemulangan jenazah warga Aceh Selatan tersebut.

Sebagai bagaian dari pemerintah dan masyarakat Aceh Selatan, Moeriadi mengaku bangga dengan kokohnya persatuan dan rasa persaudaraan masyarakat Aceh Selatan yang ada di perantauan khususnya di Malaysia.

Dia berharap rasa kekompakan dan persaudaraan itu terus dipupuk dan dipelihara.

Pada kesempatan itu, Camat Kluet Timur itu menyampaikan mengenai penyambutan jenazah almarhum Zulman juga sudah persiapkan oleh Pemkab Aceh Selatan melalui RSUD-YA Tapaktuan. (*)