Tips Cara Mengembangkan Usaha Kuliner Ketika Bulan Puasa

ACEHSATU.COM | BISNIS – Bisnis kuliner masih menjadi andalan bagi para pelaku usaha, terutama pada bulan Ramadhan. Terlebih lagi di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Peluang ini masih sangat besar jika dimanfaatkan dengan baik. Namun, untuk meningkatkan pemasaran di bulan Ramadhan tidaklah mudah. Perlu adanya strategi khusus cara mengembangkan usaha kuliner agar bisnis kuliner … Read more

ACEHSATU.COM | BISNIS – Bisnis kuliner masih menjadi andalan bagi para pelaku usaha, terutama pada bulan Ramadhan.

Terlebih lagi di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Peluang ini masih sangat besar jika dimanfaatkan dengan baik.

Namun, untuk meningkatkan pemasaran di bulan Ramadhan tidaklah mudah.

Perlu adanya strategi khusus cara mengembangkan usaha kuliner agar bisnis kuliner ini bisa tetap sukses dan menguntungkan.

Beberapa pelaku usaha mungkin masih ada yang menyangka bahwa d kliki bulan Ramadhan bisnis kuliner bisa meredup.

Hal tersebut mungkin saja bisa terjadi apabila menggunakan strategi pemasaran yang sama seperti di hari-hari biasa.

Namun, jika kita bisa mengubah strategi pemasarannya, bisnis kuliner ini justru bisa meningkat.

Berikut ini adalah beberapa strategi cara mengembangkan usaha kuliner pada bulan Ramadhan bisa sukses:

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan momen Ramadhan dengan membuat tema Ramadhan yang dapat diterapkan ke dalam bisnis kuliner.

Tema ini bisa diaplikasikan dalam segala hal, mulai dari dekorasi tempat yang bernuansa Ramadhan, kemasan makanan, hingga memasang banner dengan tulisan ucapan Ramadhan.

Tema Ramadhan ini juga salah satu strategi pemasaran untuk menunjukkan apresiasi kepada calon konsumen serta memberikan pelayanan terhadap orang-orang muslim yang sedang melaksanakan puasa.

Hal ini juga untuk menarik perhatian para konsumen agar datang dan membeli sajian kuliner.

Luncurkan promo Ramadan

Promo Ramadhan sangat penting untuk menarik banyak konsumen. Kita bisa memberikan promo khusus pada beberapa menu makanan.

Misalnya, pada minggu pertama puasa kita bisa memberikan takjil secara gratis.

Kita juga bisa memberikan promo dengan varian menu menarik dengan harga yang relatif murah. Promo ini juga bisa dari makanan pembuka atau minuman.

Seperti memberikan harga murah untuk minuman seperti jus, boba, es kopi, dan bisa juga memberikan pembelian buy 2 get 1 free atau memasang promo “All You Can Eat”.

Namun, jangan lupa untuk menghitung kalkulasi dan marginnya terlebih dahulu agar tidak mengalami kerugian.

Luncurkan menu spesial Ramadan

Momen Ramadhan ini bisa dimanfaatkan untuk membuat menu spesial di restoran. Menu masakan spesial ini bisa dibuat dengan memberikan sentuhan nuansa Ramadhan seperti memakai nama khusus yang identik dengan istilah-istilah Islami atau yang berbahasa Arab.

Mulai dari masakan yang sederhana dan yang paling banyak diminati konsumen bisa dijadikan ide. Misalnya, kita bisa mengolah masakan nasi goreng spesial Ramadan dengan memberikan nama unik seperti nasi goreng Gurun, atau ayam goreng Aisyah dan istilah-istilah lain yang tengah viral.

Penamaan unik ini bertujuan untuk memberikan rasa penasaran kepada calon konsumen dan jangan lupa bahwa menu makanan spesial tersebut harus memperhatikan cita rasa makanan yang khas Ramadhan seperti makanan berbuka puasa atau sahur seperti kolak, bubur, kurma, dan lain-lain.

Dengan menawarkan menu spesial Ramadhan, akan membuat pelanggan merasa lebih tertarik dan antusias untuk berkunjung ke restoran Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan paket buka puasa untuk konsumen yang ingin merayakan berbuka puasa bersama keluarga atau teman-teman.

Paket buka puasa biasanya berisi menu-menu khas Ramadhan seperti kolak, kurma, nasi goreng, dan minuman khas Ramadan seperti es buah, es teler, atau jus kurma.

Anda bisa membuat variasi paket buka puasa dengan berbagai pilihan menu yang menarik dan harga yang bersaing.

Berikan diskon khusus

Selama bulan Ramadhan, banyak konsumen yang ingin berhemat dalam pengeluaran.

Oleh karena itu, memberikan diskon khusus untuk pelanggan dapat menjadi strategi yang efektif untuk menarik lebih banyak konsumen.

Diskon yang bisa diberikan bisa berupa potongan harga atau promo buy one get one (BOGO) untuk menu-menu tertentu.

Selain diskon untuk menu, Anda juga bisa memberikan diskon untuk pembelian dengan jumlah tertentu atau untuk penggunaan kartu kredit tertentu.

Hal ini dapat meningkatkan peluang konsumen untuk datang ke restoran Anda selama Ramadan.

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas pelayanan

Terakhir, meskipun cara mengembangkan usaha kuliner yang dilakukan sudah berhasil menarik banyak konsumen, namun pelayanan yang buruk dapat membuat konsumen tidak mau datang kembali ke restoran Anda.

Oleh karena itu, pastikan bahwa kualitas pelayanan Anda tetap terjaga dengan baik, mulai dari kebersihan restoran, kecepatan pelayanan, hingga keramahan para karyawan.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, jangan hanya memikirkan keuntungan semata, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi konsumen.

Dengan memberikan strategi pemasaran yang efektif dan pelayanan yang baik, peluang restoran Anda untuk sukses selama Ramadan dapat meningkat dengan signifikan.

AcehSatu Network
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Optio, neque qui velit. Magni dolorum quidem ipsam eligendi, totam, facilis laudantium cum accusamus ullam voluptatibus commodi numquam, error, est. Ea, consequatur.