oleh

Tinjau Sumur Bor yang Mengeluarkan Lumpur dan Gas, Haji Uma Serahkan Bantuan Masa Panik

-Aceh Utara-79 views

ACEHSATU.COM | ACEH UTARA – Anggota DPD RI asal Aceh, Sudirman alias Haji Uma meninjau sumur bor yang mengeluarkan lumpur dan gas, di Desa Tanjong Minje, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara. Rabu (23/01/2019).

Selain meninjau kelokasi Haji Uma juga memberikan bantuan masa panik untuk korban yang terkena dampak dari sumur tersebut.

BACA: Masyarakat Julok Antusias Dengar Ceramah Haji Uma, Pentingnya Pendidikan Agama

“Ini adalah Depoksi ruang lingkup kinerja kita di DPD RI di komite dua yaitu tentang Energi Sumber daya Mineral (ESDM), setelah saya mengetahui kejadian ini, saya langsung terjun ke lokasi kejadian untuk mengecek keadaan dilokasi,” kata Haji Uma.

Dilokasi Haji Uma juga menggali informasi dari masyarakat penyebab keluarnya Lumpur dan gas dari sumur bor masyarakat .

“Masyarakat melakukan pengeboran untuk kebutuhan air kosumsi dan untuk tanaman, baru 3 batang pipan yang dibor tiba-tiba dalam lubang bor tersebut mengeluarkan lumpur bercampur gas, mereka hampir tidak bisa menyelamatkan diri pada saat kejadian itu, namun tidak ada korban jiwa,” jelas Haji Uma.

BACA: Haji Uma Desak Evaluasi Tambang Emas PT Emas Mineral Murni di Beutong Ateuh

Haji Uma juga mengatakan akan kita koordinasi dengan pihak Dinas Energi Sumber daya Mineral (ESDM) provinsi Aceh, terkait kejadian ini.

“Saya sudah berkordinasi dengan pihak Dinas Energi Sumber daya Mineral (ESDM) Provinsi Aceh, untuk segera turun kelapangan untuk mengidentifikasi apa permasalahan sumburan lumpur ini, dan juga untuk mengevaluasi apakah akan terjadi lagi kedepan nya, alhamdulillah Dinas ESDM turun hari ini juga kelokasi kejadian,” ungkap Haji Uma.

Akibat kejadian tersebut 10 rumah yang berdekatan dengan sumur bor tersebut harus mengungsi.

“Untuk sementara waktu mereka harus mengungsi dulu menunggu lokasi kondusif dan alhamdulillah udah kita salurkan bantuan masa panik untuk mereka yang terkena dampak sumur bor tesebut,” imbuh haji uma. (*)

Komentar

Indeks Berita