Tiga Rumah Warga dan Satu Balai Pengajian di Aceh Barat Musnah Terbakar

berdasarkan keterangan yang diperoleh petugas, percikan api yang menghaguskan tiga unit rumah semi permanen dan satu unit balai pengajian tersebut, muncul dari sebuah rumah warga.
Petugas BPBD Aceh Barat berusaha memadamkan api saat terjadinya kebakaran yang menghanguskan tiga unit rumah semi permanen dan sebuah balai pengajian di Dusun Cot Kandeh, Desa Lapang, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (7/4/2022) sore.

ACEHSATU.COM | Meulaboh – Tiga rumah warga dan Satu balai pengajian di Aceh Barat musnah terbakar

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat berhasil memadamkan api, saat terjadinya peristiwa kebakaran yang menimpa satu unit balai pengajian dan tiga unit rumah warga di Dusun Cot Kandeh, Desa Lapang, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Kamis petang.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,” kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat Mashuri, Kamis malam.

Ia menjelaskan, ada pun ketiga unit rumah warga yang terbakar tersebut masing-masing miik Bajuri alias Ujang (40 tahun), Rafrizal (38 tahun) serta Abu Asbakah.

Saat peristiwa kebakaran terjadi, tidak satu orang pun pemilik rumah yang berada di dalam rumah sehingga seluruh harga benda korban tidak ada yang dapat diselamatkan.

Mashuri mengatakan berdasarkan keterangan yang diperoleh petugas, percikan api yang menghaguskan tiga unit rumah semi permanen dan satu unit balai pengajian tersebut, muncul dari sebuah rumah warga.

Petugas BPBD Aceh Barat yang mendapatkan laporan kebakaran bergegas datang ke lokasi guna melakukan pemadaman api.

“Tiga unit rumah warga seluruhnya terbakar dan berserta isinya, termasuk balai pengajian,” kata Mashuri menambahkan.

Guna melakukan upaya pemadaman api, pihaknya juga turut mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

Sedangkan upaya pemadaman turut dibantu oleh masyarakat, personel Polsek Johan Pahlawan, Koramil Johan Pahlawan, relawan RAPI Aceh Barat, serta petugas Tagana Aceh Barat, demikian Mashuri.

Sebelumnya Kebakaran Suzuya Mall Setui Masih dalam Penyelidikan Polisi

Kebakaran terjadi di dalam gedung Suzuya Mall Banda Aceh di Jalan Teuku Umar, Setui. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

“Sementara belum bisa dipastikan penyebab kebakaran, namun kami akan mencoba menyelidiki,” kata Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh Kompol M Ryan Citra Yudha saat ditemui dilokasi, Senin (4/4/2022).

Penyidik Polresta Banda Aceh bakal berkoordinasi dengan tim Labfor Medan untuk menyelidiki penyebab kebakaran. Ryan mengatakan petugas pemadam kebakaran (damkar) hingga saat ini masih memadamkan api.

“Api sudah mulai bisa dipadamkan, mungkin masih ada beberapa berasap berpotensi terjadinya api kembali masih dilakukan penyiraman,” jelas Ryan.

Menurutnya, kebakaran tersebut menghanguskan barang di lantai tiga mal serta sebagian di lantai dua. Api diduga berasal dari gudang di lantai tiga.

“Laporan dari pihak mal tidak ada korban jiwa. Anggota sudah menyisir ke atas tidak ditemukan korban jiwa sementara. Tidak ada yang terjebak,” jelas Ryan.

Sebelumnya, sepuluh armada mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan api. Kebakaran Suzuya Mall tersebut diduga terjadi sejak sekitar pukul 11.30 WIB.

Di lokasi, petugas kepolisian sudah memasang garis polisi di bagian depan mal. Mobil water cannon milik Polresta Banda Aceh juga dikerahkan untuk memadamkan api.