Tidak Lagi Unsyiah, Singkatan Universitas Syiah Kuala Diganti Jadi USK

Singkatan Universitas Syiah Kuala bukan lagi Unsyiah, melainkan sudah diganti menjadi USK, perubahan tersebut mulai berlaku sejak pekan lalu.
Singkatan Universitas Syiah Kuala
Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Samsul Rizal (ANTARA/HO)

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Singkatan Universitas Syiah Kuala bukan lagi Unsyiah, melainkan sudah diganti menjadi USK, perubahan tersebut mulai berlaku sejak pekan lalu.

“Sebutan Universitas Syiah Kuala yang selama ini familiar dengan nama Unsyiah, mulai tanggal 1 Januari 2021 diganti menjadi USK,” kata Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Samsul Rizal, di Banda Aceh, Selasa.

Prof Samsul menjelaskan, berdasarkan statuta Universitas Syiah Kuala Nomor 99 Tahun 2016, sebutan Universitas Syiah Kuala disingkat menjadi Unsyiah. Namun saat ini untuk singkatan nama tersebut telah berubah.

Singkatan Universitas Syiah Kuala
Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Samsul Rizal (ANTARA/HO)

Hal itu seiring dengan perubahan statuta yang tercantum dalam proposal usulan peningkatan status perguruan tinggi.

Dalam proposal tersebut tertera perubahan dari Perguruan Tinggi Negeri-Badan Layanan Umum (PTN-BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (PTN-BH).

Kata Prof Samsul, proposal usulan tersebut saat ini sedang dalam proses pengesahan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Karena itu lah, terhitung mulai tanggal 1 Januari 2021 singkatan Unsyiah berubah menjadi USK,” ujarnya.

Rektor menyampaikan, dengan sebutan USK itu, maka semua unsur kata pada nama Universitas Syiah Kuala sudah terwakili. Konsep tersebut kemudian menjadi pertimbangan pergantian sebutan.

Rektor menuturkan, perubahan seperti ini juga pernah dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia lainnya.

Seperti, lanjut Prof Samsul, Universitas Brawijaya yang sebelumnya bernama Unibraw kemudian menjadi UB. Lalu Universitas Lambung Mangkurat yang sebelumnya adalah Unlam, sekarang menjadi ULM.

Karena itu, dirinya mengajak semua unsur dan masyarakat Aceh dapat menerima perubahan singkatan ini, serta bisa menggunakan sebutan USK ini.

“Kita mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk media, untuk mulai menggunakan sebutan Universitas Syiah Kuala menjadi USK,” demikian Prof Samsul. (*)