Aceh Timur

Tidak Dibahas dalam APBK 2017, Guru BTQ di Aceh Timur Belum Terima Honornya

Gaji Honor guru Baca Tulis Qur’an (BTQ) di Aceh Timur tidak masuk dalam APBK 2017. Akibatnya dari Januari hingga Oktober 2017 sejumlah guru BTQ di Aceh Timur belum terima gaji honornya.

Ilustrasi | harianamanah.com | Alfath

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Gaji Honor guru Baca Tulis Qur’an (BTQ) di Aceh Timur tidak masuk dalam  pembahasan APBK 2017. Akibatnya dari Januari hingga Oktober 2017 sejumlah guru BTQ di Aceh Timur belum terima gaji honornya.

Hal tersebut terungkap dalam diskusi yang dilakukan oleh Komisi E DPRK Aceh Timur bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh, tentang pelimpahan wewenang guru TK, SD dan SMP (BTQ) dari provinsi kepada pemerintah kabupaten kota/ kabupaten pada Jumat (13/10/2017) di Banda Aceh.

Dalam diskusi Ketua Komisi E DPRK Aceh Timur Abdul Hamid NN mengatakan, tidak masuknya gaji honor guru BTQ ke dalam dana APBK Aceh Timur disebabkan pelimpahan gaji dari Provinsi ke kabupaten / kota dilakukan setelah pengesahan APBK 2017.

“Dalam hal ini kami dari komisi E DPRK Aceh Timur mengimbau kepada Dinas Pendidikan Aceh Timur untuk mengusulkan pada perubahan 2017. Sehingga bisa membantu beberapa bulan honor mereka di tahun 2017,” kata Abdul Hamid NN atau lebih dikenal dengan sapaan Pang Rahet

Selain itu Pang Rahet meminta Bupati Aceh Timur untuk mengusulkan anggaran kepada Gubernur Aceh di tahun 2018 mendatang untuk honor guru BTQ bisa dibayar sesuai dengan Upah Minimun Provinsi (UMP) Aceh. sehingga para guru BTQ khususnya bisa mendapatkan kesejahteraan. Hal tersebut mengingat, kemampuan anggaran APBK Aceh Timur belum bisa disesuaikan dengan UMP.

To Top