Teror Gajah Liar Kembali Terjadi di Seumanah Jaya, Warga tak Tahu Harus Berbuat Apa

Kawanan gajah liar kembali meneror permukiman dan merusak perkebunan warga di Dusun Blang Gading, Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, pada Selasa (15/9/2020) malam.
Tanaman sawit dan pisang di kebun Buamin, rusak oleh kawanan gajah yang turun ke Gampong Seumanah Jaya pada Selasa (15/9/2020) malam. (Foto: Dedi)

Laporan Dedi, Jurnalis Warga di Aceh Timur

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Kawanan gajah liar kembali meneror permukiman dan merusak perkebunan warga di Dusun Blang Gading, Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, pada Selasa (15/9/2020) malam.

Warga mengatakan, tak kurang dari 17 ekor gajah turun ke perkebunan sekitar pukul; 21.00 WIB, dan merusak tanaman sawit dan pisang di areal kebun seluas 1 hektare.

Dalam kawanan gajah itu juga terlihat empat ekor anak gajah yang terus dikelilingi oleh gajah-gajah dewasa lainnya.

Setelah merusak kebun warga, kawanan gajah dewasa itu bersembunyi di areal kebun sawit milik PT Atakana.

Gangguan gajah liar ini sudah sangat sering terjadi, dan tak terhitung lagi berapa sudah kerugian yang dialami masyarakat.

“Kami tidak tau harus berbuat apa lagi. Hal ini sudah sering kami laporkan ke pihak terkait, tapi sampai sekarang tak ada solusi,” kata Husein, Ketua Pemuda Gampong Seumanah Jaya.

Warga berharap pemerintah melalui instansi terkait tidak membiarkan gangguan gajah ini terus terjadi, karena dikhawatirkan warga akan mengambil tindakan yang pada akhirnya akan membuat warga berhadapan dengan hukum. (*)