Ternyata Satpam Sering Lihat Cai Changpan Tidur di Pembakaran Ban: Sempat Diancam Nggak Boleh Lapor ke Siapa-siapa

Napi Cai Changpan ditemukan tewas gantung diri di pabrik pembakaran ban di daerah Jasinga, Bogor. Polisi mengatakan napi WN China yang kabur dari Lapas Kelas I Tangerang itu beberapa kali tidur di lokasi tersebut.

ACEHSATU.COMNapi Cai Changpan ditemukan tewas gantung diri di pabrik pembakaran ban di daerah Jasinga, Bogor. Polisi mengatakan napi WN China yang kabur dari Lapas Kelas I Tangerang itu beberapa kali tidur di lokasi tersebut.

“Ada pabrik pembakaran ban, dan dapat informasi dari satpam, dia DPO (daftar pencarian orang) sering bermalam di situ, tapi nggak setiap hari,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, seperti dilansir detik.com, Sabtu (17/10/2020).

Menurut keterangan awal satpam di pabrik tersebut, Cai Changpan sempat mengancam agar tidak menginformasikan keberadaannya tersebut.

“Dia (satpam) sempat diancam nggak boleh lapor ke siapa-siapa. Ini yang kemudian dilaporkan ke tim,” imbuh Yusri.

Cai Changpan ditetapkan dalam DPO. (Dok. Istimewa)

Tim akhirnya melakukan penggerebekan di lokasi tersebut pada pukul 10.30 WIB. Saat itu, tim gabungan menemukan jenazah Cai Changpan sudah dalam kondisi tidak bernyawa, diduga gantung diri.

Jenazah kini telah dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk diautopsi. Polisi akan memeriksa saksi-saksi terkait penemuan jasad Cai Changpan itu.

“Pihak keamanan di situ ada tiga orang yang jaga pembakaran ban, termasuk kepala desa nantinya akan kita periksa,” ujar Yusri.

Seperti diketahui, satu bulan lebih Cai Changpan kabur dari sel tahanannya di Lapas Tangerang. Napi tersebut kabur dengan menggali lubang sepanjang 30 meter dari balik dinding selnya.

Cai Changpan kemudian sembunyi di Hutan Tenjo, Kabupaten Bogor. Tim gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Kota Tangerang, serta 3 anjing K9 diterjunkan dalam memburu Cai Changpan. (*)