Ternyata Karim Michael Tiro, Putra PYM Hasan Tiro Pakar Sejarah Amerika Serikat, Berikut Faktanya

ACEHSATU.COM | INTERNATIONAL – Bagi masyarakat Aceh, sosok Karim Michel Tiro (selanjutnya disebut Karim saja) kalah populer dibanding ayahnya, Teungku Hasan Muhammad di Tiro (selanjutnya disebut Tiro). Selama puluhan tahun, namanya hanya disebutkan secara terbatas, itu pun hanya di kalangan GAM saja.

Menariknya Karim Tiro saat ini mengabdi dan tercatat sebagai guru besar di Xavier University.

Xavier University adalah universitas Jesuit, Universitas Katolik di Norwood dan Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat. Sekolah ini adalah Universitas Katolik tertua dan tertua keenam di Amerika Serikat. Xavier memiliki pendaftaran sarjana dari 4.485 siswa dan pendaftaran lulusan 2.165.

Karim dikenal pakar dalam bidang sejarah, terutama sejarah Amerika. Pun demikian, Karim tak memilih Aceh sebagai objek kajian akademisnya seperti halnya sang ayah. Karim memilih meneliti soal sejarah Amerika abad 16 hingga 18. Jangan heran, jika kita tak pernah temukan tulisan-tulisan dia mengenai sejarah Aceh. Dalam biografi singkat seperti dimuat di website Xavier University, Karim mengakui tertarik meneliti soal sejarah perang Amerika yang jarang dikenal dan jadi perhatian akademisi, khususnya Perang 1812, Perang Meksiko dan Perang Spanyol-Amerika.

Selain itu, Karim Tiro sangat mendalami ilmu sejarah khususnya konsentrasi Sejarah Publik, Konsentrasi dalam Sejarah Publik dalam jurusan Sejarah atau minor dalam Sejarah Publik untuk siswa yang bukan jurusan Sejarah akan meningkatkan keterampilan yang membuat jurusan Sejarah dan anak di bawah umur berhasil dalam karir dan / atau gelar lanjutan mereka. Ini termasuk kemampuan untuk menemukan, mengatur, dan menganalisis informasi dan berkomunikasi secara lisan, tertulis, dan menggunakan teknologi digital.