Ternyata Ini Alasan Minum Air Madu Hangat Sangat Bagus untuk Kesehatan

Tetapi manfaat madu akan terasa cepat jika dicampur dengan air hangat. meskipun makan madu langsung, memiliki potensi terapeutik paling besar.
Ilustrasi.foto: Hellosehat

ACEHSATU.COM Selain langsung dikonsumsi, manfaat minum air madu hangat ternyata luar biasa untuk kesehatan terutama menjelang tidur. Madu diketahui telah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan , dan ini adalah salah satu obat paling mujarab di dunia. Rasanya yang manis dengan tekstur kental, cocok digunakan sebagai pengganti gula.

Tetapi manfaat madu akan terasa cepat jika dicampur dengan air hangat. meskipun makan madu langsung, memiliki potensi terapeutik paling besar.

Dikutip Islampos dari Style Craze, madu selain baik untuk kesehatan juga bagus dalam perawatan kulit dan wajah. Madu memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi madu. Madu sering direkomendasikan untuk dikonsumsi dengan air hangat, karena beberapa alasan berikut:

1. Sifat antibakteri yang dimiliki madu dapat melindungi tubuh dari penyakit infeksi, dan akan cepat diserap jika ditambahkan air hangat.

2. Madu yang ditambahkan air hangat bagus untuk pengobatan batuk pada anak. Cukup campur 2,5 ml dn tambahkan air hangat secukupnya, lalu berikan pad anak. Catatan, jangan diberikan pada anak yang berusia di bawah satu tahun karena risiko botulisme.

3. Madu dan air hangat mampu meningkatkan kualitas tidur pada anak, terutama mereka yang terserang infeksi saluran pernapasan atas seperti batuk.

4. Madu dan air hangat memiliki efek positif pada bakteri usus dan membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

5. Membantu menurunkan berat badan, karena sifatnya mempercepat metabolisme sehingga bagus untuk diminum menjelang tidur.

6. Studi ilmiah menunjukkan bahwa madu dan air hangat dapat mengurangi konsentrasi alkohol dalam darah. Ini terjadi pada mereka yang kurang tidur atau mengalami gangguan tidur meskipun tidak mengonsumsi alkohol. Untuk hasil terbaik, campur madu dengan setengah cangkir jus jeruk dan yogurt.

Madu adalah bahan alami yang sangat aman untuk dicerna sepanjang waktu. Tetapi, harus dikonsumsi dalam jumlah sedang, terutama jika Anda menderita diabetes atau kulit berjerawat. Anda bisa meminum madu dengan air hangat kapan saja sepanjang hari. Tapi paling bagus di malam hari, untuk membantu tidur nyenyak. Terutama jika Anda atau anak mengalami pilek atau flu.

Meskipun dianjurkan untuk meminum madu dengan air hangat untuk membantu pencernaan, tidak masalah jika menggunakan air dingin juga. Namun, madu tidak boleh direbus atau diminum dengan air panas. Mengkonsumsi madu yang dipanaskan dapat berdampak buruk pada kesehatan, bahkan bisa membentuk senyawa beracun selama proses pemanasan.

Campurkan satu atau dua sendok teh madu dengan segelas air hangat, dan minumlah di pagi hari untuk memulai pencernaan. Atau di malam hari agar tidur lebih nyenyak. (*)